Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Nomor Referensi BNI, Contoh dan Cara Mendapatkan Kodenya

nomor referensi bank bni

Nomor Referensi BNI - Transaksi uang melalui mesin ATM sudah menjadi salah satu kegiatan sehari-hari manusia di zaman modern ini. Namun apakah Anda pernah memperhatikan tentang nomor referensi yang kerap muncul ketika Anda hendak melakukan transaksi? Sebagian dari Anda mungkin telah mengetahuinya tetapi mungkin juga ada yang belum tahu tentang nomor referensi tersebut.

Kali ini kita akan membahas tentang nomor referensi bank BNI serta kode referensi untuk transfer ke bank BNI. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Nomor Referensi BNI itu Apa?

Dalam dunia perbankan, nomor referensi bni adalah nomor petunjuk atau kadang juga disebut sebagai nomor acuan. Hal ini sesuai dari asal kata referensi yang diambil dari kata reference yang dalam Bahasa Inggris juga memiliki arti acuan.

Nomor referensi ini kemudian dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu nomor referensi nasabah dan nomor referensi bank.

1. Nomor Referensi Nasabah BNI

Nomor referensi nasabah merupakan nomor yang dibuat sendiri oleh seorang nasabah untuk dijadikan tanda bahwa dirinya telah melakukan suatu transaksi. Biasanya, Anda akan memerlukan nomor referensi nasabah jika Anda akan melakukan transaksi untuk pembayaran suatu produk yang memiliki kode unik.

Karena dibuat sendiri, tidak ada ketentuan khusus mengenai nomor yang perlu dimasukkan, Anda bisa bebas membuatnya sesuka hati. Dan untuk penerima transfer, Anda bisa mendapatkan nomor referensi BNI dari pengirim.

Fungsi dari nomor nasabah adalah untuk menunjukkan Anda melakukan transaksi tersebut.

Namun sebenarnya memasukkan nomor nasabah bukanlah suatu kewajiban. Artinya, Anda akan tetap dapat melakukan transaksi meski tidak memasukkan nomor referensi nasabah.

2. Nomor Referensi Bank BNI

Nomor referensi bank merupakan kumpulan dari beberapa angka unik yang membedakan antara satu bank dengan bank lainnya. Anda biasanya akan memasukkan nomor ini sebelum memasukkan nominal dan nomor rekening yang akan Anda kirimi uang.

Umumnya, nomor referensi bank hanya terdiri atas 3 angka. Setiap bank memiliki nomor referensi yang berbeda, pastikan untuk memasukkan nomor yang benar saat Anda akan mengirim uang. Karena jika Anda tidak memasukkan nomor referensi dengan benar, ada kemungkinan pengiriman uang akan terganggu bahkan bisa saja tidak terkirim ke nomor yang Anda inginkan.

Contoh Nomor Referensi Transaksi Bank BNI

Di atas sudah dijelaskan mengenai nomor referensi BNI dengan jelas, anda juga sudah tahu perbedaan dari kedua nomor referensi yang tersedia di bank BNI.

Untuk memperjelas, di bawah ini saya contohkan gambar terkait nomor referensi transaksi bank BNI.

contoh nomor referensi transaksi bank bni

Cukup jelas bukan, nomor referensi transaksi atau transfer nya adalah 1243500. Nomor referensi tersebut dibuat sendiri oleh nasabah untuk melakukan transfer online antar bank.

Cara Cek Nomor Referensi Transfer BNI

Nomor referensi transfer BNI bisa kamu cek dengan beberapa cara, bisa melalui aplikasi BNI, internet banking dan ATM. Berikut langkah-langkah cara cek nomor referensi transfer BNI:

  1. Buka aplikasi BNI Mobile Banking.
  2. Login menggunakan akun pengguna anda.
  3. Setelah berhasil login, masuk ke menu Produk dan Jasa Lainnya.
  4. Pilih opsi Bukti Transaksi.
  5. Pilih dan atur 'No Rekening', 'Jenis Transaksi' dan 'Jangka Waktu'.
  6. Kemudian klik Lanjut.
  7. Secara otomatis akan diarahkan ke halaman Daftar Transaksi.
  8. Dihalam tersebut anda bisa melihat Nomor Referensi BNI.
  9. Selesai.

Apa itu Kode Referensi Bank BNI?

Berbeda lagi dengan nomor referensi, kode transfer bank digunakan untuk melakukan transfer antar bank. Setiap bank memiliki kode referensi masing-masing dan terdiri hanya atas tiga angka, nomor referensi BNI sendiri adalah 009.

Anda tinggal memasukkan tiga angka tersebut saat Anda ingin mengirim uang ke rekening BNI.

Apakah Nomor Referensi Antara Bank BNI dan BNI Syariah Sama?

Mungkin diantara Anda ada yang penasaran apakah nomor referensi antara bank BNI dan BNI Syariah sama? Jawabannya adalah keduanya memiliki nomor referensi yang berbeda.

Alasan kedua bank tersebut berbeda adalah karena bank BNI dan BNI Syariah menjalankan sistem yang berbeda meski dibuat oleh satu perusahaan yang sama. Itulah sebabnya kode referensi yang digunakan kedua bank ini juga berbeda

Jika Anda ingin mengirim uang ke rekening bank BNI Syariah, kode referensi bank bni syariah adalah 427.

Cara Mendapatkan Kode Referensi BNI

Perintah untuk memasukkan kode transfer bank akan muncul sebelum Anda diminta untuk memasukkan nomor rekening BNI tujuan serta jumlah nominal yang akan Anda kirimkan. Karena itu ada baiknya jika sebelum mengirimkan uang, Anda sudah mengetahui kode referensi tujuan Anda terlebih dahulu.

Anda bisa mencari kode referensi bank BNI dan berbagai bank lainnya melalui internet. Namun jika Anda sedang tidak dapat menggunakan internet, Anda tidak perlu khawatir karena Anda juga dapat melihatnya di mesin ATM.

Anda cukup memilih menu nomor referensi atau kode bank sebelum Anda memasukkan nomor rekening tujuan.

Setelah muncul daftar kode referensi bank silahkan cari nomor referensi dari bank tujuan Anda.

Jika Anda telah menemukannya, masukkan kode tersebut bersama dengan nomor rekening tujuan Anda. Jangan lupa untuk mengetik nomor referensi tersebut sebelum nomor rekening tujuan Anda.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai nomor referensi BNI, mulai dari pengertian sampai cara untuk mencarinya. Mudah sekali bukan? Apakah anda sudah hafal kode referensi bank tujuan anda?

2 komentar untuk "Nomor Referensi BNI, Contoh dan Cara Mendapatkan Kodenya"