Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Nomor Referensi BCA, Biaya dan Contoh Transaksinya

nomor referensi bank bca

Nomor Referensi BCA - Bagi anda yang tidak asing menggunakan kartu kredit BCA atau bank lain dan sering melakukan transaksi melalui Bank maupun i-Banking atau SMS Banking, anda pasti tidak asing dengan istilah nomor referensi setiap kali anda melakukan transaksi.

Namun demikian tahukah anda apa fungsi dari nomor referensi tersebut?

Jika anda masih bingung dan belum paham mengenai fungsi dari nomor referensi setelah melakukan transaksi, anda berada di topik artikel yang tepat dimana akan membahas tentang bagaimana fungsi dari nomor referensi bank BCA dan Bank pada umumnya.

Sebelum mengetahui bagaimana fungsi dari nomor referensi Bank, anda harus mengetahui apa itu nomor referensi BCA.

Apa itu Nomor Referensi BCA

Nomor referensi bca adalah seri nomor yang didapatkan secara acak dan sistematis oleh sistem sebagai tanda bahwa anda telah berhasil melakukan transaksi. Secara umum nomor referensi bank tersebut memiliki nama lain, yakni nomor identitas transaksi.

Di google banyak yang memberikan informasi salah kalau no referensi BCA itu kode bank, padahal bukan. No referensi berbeda dengan kode bank, kode bank itu digunakan untuk transfer dari bank lain ke bank BCA. Informasi tambahan, kode bank BCA yang berlaku tahun 2021 yaitu 014.

Contoh Nomor Referensi Transaksi BCA

Dari pada penasaran nomor referensi bca itu seperti apa, mending saya berikan contoh gambarnya. Ini juga untuk memperkuat bahwa nomor referensi dan kode bank itu berbeda, berikut saya berikan contoh nomor referensi transaksi bank bca ke bank lain.

contoh nomor referensi bank bca

Fungsi Nomor Referensi BCA

Nomor referensi BCA berfungsi untuk melacak sebuah transaksi uang yang telah anda lakukan beberapa waktu kebelakang. Contoh kasus yang sering terjadi pada saat anda melakukan transaksi namun tidak mendapatkan struk/resi atau print out transaksi tersebut, namun anda hanya mendapatkan kode referensi dari ibanking atau sms banking. Maka anda dapat melakukan tracking transaksi pada bank terdekat apabila hal tersebut dibutuhkan.

Nomor referensi bank BCA digunakan untuk mengidentifikasi transaksi yang telah dilakukan pada masing-masing Bank. Karena nomor referensi berfungsi sebagai tracker maka nasabah perlu mengetikan nomor referensi atau identitas suatu bank yang akan dituju, jika akan melakukan transaksi finansial melalui ATM. Oleh karena itu sebelum nasabah melakukan transaksi sebaiknya nasabah mengetahui terlebih dahulu kode bank yang akan dituju.

Selain transaksi finansial nomor referensi atau nomor identitas juga akan anda dapatkan Ketika melakukan transaksi pembelian pulsa. Nomor referensi untuk hal ini berfungsi untuk mengecek laporan apakah pengiriman pulsa berhasil atau tidak.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui dan melakukan tracking terhadap nomor referensi yang telah kita lakukan? Berikut akan diulas mengenai cara mengecek no referensi bank bca.

Cara Cek Nomor Referensi BCA

Sebelumnya perlu kamu ketahui bahwa untuk mengecek nomor referensi BCA setelah transfer ini memiliki batas waktu, yaitu 30 hari sebelumnya. Jadi jika riwayat transaksi sudah lewat 30 hari, anda tidak bisa lagi melihat nomor referensi nya.

Seperti yang sudah kita ketahui, Bank BCA sudah memiliki beberapa fitur untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi maka cara melakukan checking nomor referensi transfer bca dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu sebagai berikut;

1. Cek Nomor Referensi BCA Melalui BCA Mobile

Cara ini dapat anda lakukan jika anda sudah melakukan aktivasi pada kantor bank BCA terdekat. Apabila anda sudah melakukan aktivasi maka anda dapat melakukan cara ceking referensi bank BCA sebagai berikut:

  1. Membuka aplikasi BCA Mobile pada ponsel anda.
  2. Memilih menu m-BCA.
  3. Input kode masuk pada kolom yang tersedia.
  4. Klik log in.
  5. Pilih menu m- transfer.
  6. Untuk memeriksa transaksi atau bukti transfer BCA maka anda bisa masuk ke menu Inbox di bagian bawah.
  7. Tunggu beberapa saat maka secara otomatis akan muncul semua Riwayat transaksi yang telah anda lakukan beberapa waktu lalu.
  8. Dihalaman tersebut anda juga akan melihat nomor referensi transaksi.

2. Cek Nomor Referensi BCA Melalui Klik BCA

Sama seperti mobile banking BCA pada saat anda ingin melakukan tracking nomor referensi dengan cara ini anda harus melakukan aktivasi pada bank BCA terdekat. Apabila anda sudah melakukan aktivasi maka anda dapat melakukan Langkah-langkah tracking nomor referensi sebagai berikut;

  1. Membuka Aplikasi Klik BCA.
  2. Masukan User ID dan Password.
  3. Klik Log in dan tunggu beberapa saat.
  4. Pada menu yang ditampilkan anda dapat memilih menu Histori transaksi pada menu tab sebelah kiri.
  5. Apabila anda sudah masuk pada menu history transaksi, anda lakukan adalah memilih waktu anda telah melakukan transaksi untuk dilacak.
  6. Nantinya akan muncul beberapa riwayat transfer sesuai dengan periode yang telah dilakukan.
  7. Selanjutnya anda dapat melakukan detail transaksi dengan menekan tab link di sebelah kiri.
  8. Terakhir anda dapat menemui data lengkap dari transaksi yang telah anda lakukan tersebut, termasuk nomor referensi transfer BCA.

Biaya Cek Nomor Referensi Transfer Bank BCA

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya apakah mengecek nomor referensi dari transaksi antar bank ada biaya admin atau tidak, singkat saja jawabannya adalah tidak.

Sama seperti mengecek saldo dan mutasi rekening, Bank BCA juga memberikan kebebasan nasabahnya untuk mengecek nomor referensi BCA, gratis tanpa potongan sedikitpun.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai pengertian, fungsi dan cara cek nomor referensi BCA yang perlu anda ketahui. Melalui cara ini anda tidak perlu panik saat ATM tempat anda melakukan transaksi tidak mengeluarkan print out nomor referensi. Semoga membantu.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Nomor Referensi BCA, Biaya dan Contoh Transaksinya"