Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Pajak Motor di STNK dan Biaya Bayar nya

cara melihat pajak motor di stnk

Kendaraan bermotor menjadi salah satu elemen yang diwajibkan oleh pemerintah untuk membayar pajak setiap setahun sekali, dikenakannya pajak bagi kendaraan bermotor dengan tarif yang telah ditetapkan dari pemerintah secara langsung.

Ada banyak cara untuk mengecek berapa besar tarif pajak yang harus dibayar dengan cara melihat pajak motor di STNK, melalui aplikasi cek ranmor polda, layanan call center, website, dan aplikasi pajak online.

Penghitungan besaran pajak kendaraan bermotor yang harus anda bayarkan setiap tahun ini dipengaruhi oleh nilai jual objek pajak, tarif pajak, serta sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan.

Cara Melihat Pajak Motor di STNK 2021

Anda dapat melihat pajak motor di STNK pada salah satu bagian sisi lembar STNK, disitu terdapat keterangan besaran pajak yang harus anda bayarkan setiap tahunnya. Jadi anda bisa melihat seberapa besar biaya pajak stnk motor anda.

Ketika anda melihat pajak motor di STNK, anda akan menemukan beberapa istilah-istilah yang tertera pada bagian pajak, istilah-istilah ini merupakan singkatan kata dari keterangan berapa besar pajak yang diperlukan.

Diantaranya seperti PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor yang ada di dalam setiap STNK, besaran tarif untuk pajak ini mencapai 1,5% dari seluruh nilai jual kendaraan. Besarnya tarif ini akan menurun setiap tahun seiring dengan menurunnya nilai jual kendaraan tersebut.

Selain PKB ada juga BBN KB atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ini dikenakan sesuai dengan faktur, besarnya tarif pada BBNKB ini mencapai 10% dari PKB untuk kendaraan baru, dan 2/3% dari PKB untuk kendaraan bekas. Istilah selanjutnya yaitu SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, , dana ini dikelola oleh Jasa Raharja.

Besaran tarif yang harus anda bayarkan pada SWDKLLJ ini tergantung dengan peraturan yang digunakan sebagai jaminan perlindungan untuk seluruh pengguna kendaraan. Jika anda rajin membayar pajak, maka secara otomatis anda telah terdaftar dalam asuransi keselamatan pengendara yang dikelola oleh jasa raharja.

Selanjutnya yang juga harus anda bayarkan yaitu Biaya Admin, biaya ini akan dikenakan kepada anda ketika anda mengganti plat nomor kendaraan anda setiap lima tahun sekali dan juga ketika anda melakukan proses balik nama kendaraan anda. akan tetapi jika anda baru membeli motor maka anda tidak akan dikenakan biaya pajak tersebut.

Terakhir adalah Denda Pajak. Denda pajak ini dikhususkan untuk orang-orang suka telat membayarkan pajak kendaraan miliknya. Denda pajak yang ditanggung apabila anda telat membayar pajak yaitu PKB dan SWDKLLJ saja. Sebenarnya denda pajak ini tidak besar tapi jika anda terus menundanya makan jumlah tersebut akan bertambah makin banyak dan memberatkan anda.

Jika tidak Tahu Berapa Bayar Pajak STNK Motor

Untuk anda yang belum mengerti mengenai penghitungan pajak jika hanya dengan cara melihat pajak motor di STNK, anda bisa langsung saja datang ke kantor Samsat terdekat yang ada di kota anda. Jika anda sudah mengerti mengenai pajak hanya dengan lihat pajak motor di STNK anda bisa langsung membayarkan sesuai dengan pajak yang harus anda bayarkan.

Apabila anda memiliki kendaraan bermotor lebih dari satu maka anda harus teliti dalam menghitung jumlah pajak yang harus anda bayarkan. Pajak yang dikenakan untuk kendaraan yang pertama sebesar 2,5% dan kendaraan kedua dikenakan tarif 2,5%, dan tarif pajak akan bertambah 0,5% jika anda memiliki lebih dari dua kendaraan.

Akan tetapi jika kendaraan tersebut merupakan kendaraan milik badan usaha maka tarif pajaknya 2%, dan 0,5% untuk kendaraan milik pemerintah entah itu pusat ataupun daerah, Sedangkan untuk kendaraan jenis alat berat dikenakan pajak 0,25%.

Pada dasarnya seluruh tarif pajak kendaraan bermotor baik pribadi maupun milik badan usaha dan pemerintah sudah diatur sesuai dengan regulasi yang disahkan oleh pihak yang berwenang. Tarif tersebut kemudian menjadi acuan untuk jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor setiap tahunnya.

Akhir Kata

Jika anda masih belum mengerti cara melihat pajak motor di stnk, anda bisa menanyakan langsung ke orang - orang yang lebih paham lagi. Jangan lupa membayar pajak kendaraan anda tepat pada waktunya ya. Sekian!

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Pajak Motor di STNK dan Biaya Bayar nya"