Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang untuk Pemula

cara jualan online tanpa modal dan stok barang

Anda ingin berjualan online namun tidak memiliki modal dan bingung akan stok barang? Tenang saja, di zaman dunia digital saat ini memungkinkan apapun bisa terjadi. Cara jualan online tanpa modal dan stok barang dapat dilakukan dengan sistem dropship.

Sistem penjualan dropship ini sudah banyak sekali digunakan oleh penjual pemula, bahkan menjadi sistem penjualan yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, pokoknya ini merupakan bisnis online tanpa modal yang mesti kamu coba. Berikut simak ulasannya.

Apa itu Dropship?

Dropship merupakan sistem penjualan yang dilakukan oleh penjual dengan minim modal dan tanpa menyetok barang. Penjual atau yang disebut sebagai dropshipper hanya memasarkan serta menjual produk milik pihak lain, bisa dibilang bisnis tanpa modal sepeserpun.

Cara kerjanya pun mudah untuk dipahami. Anda hanya mempromosikan produk dari supplier, Ketika anda mendapatkan orderan, lanjutkan orderannya serta detail pengiriman kepada supplier. Setelah itu barang akan dikirim oleh supplier ke pelanggan.

Alasan anda harus mencoba dropship adalah karna bisnis jualan ini terbilang gampang untuk memulai, biaya operasional murah, bebas memilih produk, waktu lebih fleksibel, resiko kerugian rendah dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Jika diilustrasikan, seperti inilah cara berjualan sistem dropship.

dropship jualan online tanpa modal dan stok barang

6 Langkah Jualan Online tanpa Modal dan Stok Barang dengan Menjadi Dropshipper

Untuk menjadi dropshipper yang benar, ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan agar penjualan Anda sukses. Berikut beberapa langkah yang bisa anda ikuti.

1. Memilih Produk untuk Dijual

Saat ini banyak sekali produk yang dapat Anda jual kepada konsumen. Anda dapat memanfaatkan situasi atau kondisi produk yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat. Anda juga perlu menimbang produk yang tahan lama serta dapat melakukan inovasi seiring berkembangnya zaman. Misalnya saja, jualan online yang laku setiap hari seperti produk skincare atau makeup.

Dua produk tersebut tidak akan pernah kehabisan pelanggan, bahkan seiring terkenalnya skincare dan makeup, tidak hanya wanita saja yang menggunakan, tetapi juga dari kalangan lelaki. Dengan begitu Anda memiliki terget pasar yang lebih luas.

Selain itu, yang terpenting saat Anda akan memilih produk untuk dijual ialah Anda sudah mengerti dan paham betul dari produk tersebut. Sehingga Anda akan mudah untuk memberikan informasi dan memasarkannya kepada pelanggan.

Beberpa produk dropship yang paling menguntungkan dan menjanjikan untuk dijual online ataupun offline:

  • Tas
  • Pakaian
  • Kosmetik
  • Sepatu
  • Furnitur
  • Jam Tangan
  • Produk Custom
  • Produk kesehatan
  • Aksesoris Gadget
  • Perlengkapan Bayi

2. Mencari Pemasok/Supplier yang Tepat

Langkah selanjutnya dalam cara jualan online tanpa modal dan stok barang ialah Anda perlu mencari pemasok yang tepat. Pemasok merupakan perseorangan/perusahaan yang akan menyediakan pasokan barang kepada Anda untuk dapat dijual. Anda bisa mencari pemasok di toko online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan toko online terpercaya lainnya.

Saat ini banyak sekali pemasok menjual produk yang sama. Namun, di beberapa pemasok ini memiliki perbedaan kriteria, harga, dan juga kualitas. Anda sebagai calon dropshipper, perlu memastikan jika pemasok yang akan Anda pilih benar-benar yang terpercaya dan terbaik di antara pemasok lainnya. Dengan begitu, pelanggan Anda akan merasa puas dengan produk yang Anda tawarkan.

Untuk dapat melihat dan memastikan jika pemasok memanglah terbaik dan tepercaya, Anda dapat melihat review dari pelanggan, Anda juga dapat bertanya dengan dropshipper dari pemasok tersebut, dan Anda dapat menghubungi langsung pemasok untuk bertanya lebih detil.

3. Membuat Kesepakatan dengan Pemasok

Setelah menemukan pemasok yang tepat, Anda dapat membuat kesepakatan dengan pemasok tersebut. Kesepakatan ini haruslah bersifat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Biasanya kesepakatan ini mencakup, proses pengiriman, harga, diskon, bonus, dan biaya pengiriman.

Setiap pemasok biasanya memiliki peraturan dan ketentuan masing-masing. Anda perlu untuk memahaminya dengan cermat peraturan dan ketentuan tersebut agar tidak terjadinya kesalahan atau masalah di hari mendatang.

4. Menentukan Target Pasar

Setelah berhasil bersepakat dan Anda sudah memahami ketentuan yang berlaku dari pemasok, maka Anda sudah menuju proses untuk menjual produk. Sebelum produk dapat dipasarkan, Anda perlu menganalisa target pasar.

Target pasar bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan produk yang Anda jual. Karena ketika Anda sudah dapat tahu siapa saja yang menjadi target pasar produk Anda, maka dalam cara jualan online dengan promosi atau mengenalkan produk Anda kepada pelanggan akan lebih sukses. Dengan begitu, Anda dapat mendatangkan banyak pelanggan untuk membeli produk.

Misalnya saja, Anda menjual produk makeup. Maka target pasar Anda kemungkinan besar ialah wanita yang berumur 17-40 tahunan. Selain itu, Anda perlu menganalisanya juga dari demografi, perilaku, dan lain sebagainya.

5. Membandingkan dan Menganalisa Harga Kompetitor

Produk yang Anda jual pastinya memiliki kompetitor. Maka Anda perlu menganalisis dan membandingkan harga dari kompetitor tersebut. Hal ini dilakukan agar harga yang Anda pasang menyesuaikan harga pasar.

Dengan begitu harga produk Anda tidaklah rendah dan juga tidak tinggi. Jika Anda dapat memberikan penawaran harga yang masuk akal, maka pelanggan akan dengan mudah datang untuk membeli produk.

6. Mulai Promosi dan Menjual Produk

Setelah melakukan pencarian produk, membuat kesepakatan dengan pemasok dan menentukan harga jual, kini saatnya anda memulai menjual produk tersebut dengan cara mempromosikan di sosial media atau membuat halaman toko online sendiri (seperti landing page).

Selain berjualan secara online anda juga bisa jualan secara offline. Promosikan ke orang-orang terdekat dan lingkungan sekitar yang sekiranya masih bisa dijangkau dengan mudah, ini untuk permulaan.

Akhir Kata

Itulah cara jualan online tanpa modal dan stok barang, mudah dan cepat. Dengan kemudahan yang ditawarkan ini, Anda bisa memilih cara berjualan dengan sistem dropship ini.Semoga artikel ini membantu Anda

Posting Komentar untuk "Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang untuk Pemula"