Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tes Kesehatan Menggunakan Kalkulator BMI Online di SehatQ

tes kesehatan kalkulator bmi online di sehatq

Hidup sehat dan berat badan ideal merupakan keinginan banyak orang, tidak jarang juga orang banyak yang mencari cara menghitung berat badan yang ideal seperti apa.

Untungnya sekarang ada kalkulator BMI yang bisa digunakan secara online. Dengan melakukan Tes Kesehatan berat badan secara online kita tidak perlu repot-repot pergi ke klinik. Lebih cepat dan tidak mengeluarkan biaya transportasi.

Namun jika mengecek secara online, kita tidak bisa mengetahui kondisi tubuh secara menyeluruh. Bagusnya setelah cek kesehatan lakukan juga konsultasi ke dokter, agar kita tahu apa yang harus dilakukan setelahnya.

Apa itu Kalkulator BMI?

Kalkulator BMI (Body Mass Index) merupakan kalkulator yang dapat menentukan kondisi berat badan seseorang apakah tergolong normal, kurus, gemuk atau obesitas.

Kategori BMI

Untuk mengetahui apakah kamu termasuk kurus, normal atau gemuk. Kamu perlu mengetahui angka dan kategori BMI. Tedapat 5 kategori BMI yang sudah ditentukan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia, yakni:

  • - 17,0 = Kekurusan (kekurangan berat badan tingkat berat)
  • 17,0 - 18,4 = Kurus (kekurang berat badan tingkat ringan)
  • 18,5 - 25,0 = Normal (berat badan ideal)
  • 25,1 - 27,0 = Gemuk (kelebihan berat badan tingkat ringan)
  • + 27,0 = Kegemukan (kelebihan berat badan tingkat berat)

Di Indonesia sendiri umumnya seseorang dianggap berat badan nya ideal apabila skor BMI menunjukkan angka antara 20 dan 22. Untuk laki-laki skor BMI menunjukkan skor 23 sampai 24,9.

Rumus Kalkulator BMI

BMI menentukan berat badan ideal atau tidak dengan membandingkan tinggi badan dan berat badan. Dihitung dengan membagi berat badan dalam satuan kilogram (kg) dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat (m²).

Berikut adalah rumus yang diterapkan BMI.

rumus bmi

Jika dilihat rumusnya sedikit membingunkan memang, apalagi jika kamu tidak terlalu mahir matematika. Nah, untungnya sudah ada kalkulator bmi online di beberapa website kesehatan.

Salah satu web kesehatan yang memiliki halaman Kalkulator BMI adalah SehatQ, mari kita coba tes kesehatan seseorang.

Cara Menghitung Berat Badan dengan Kalkulator BMI Online di SehatQ

  1. Kunjungi link tes kesehatan berikut Kalkulator BMI.
  2. Jangan lupa register dan login agar catatan BMI kamu tersimpan di SehatQ.
  3. Lanjut pada menu Kalkulator BMI, silahkan pilih Gender dan isi angka pada bagian Usia, Berat Badan dan Tinggi Badan (isi sesuai dengan keadaan kamu saat ini).
  4. kalkulator bmi online sehatq
  5. Jika sudah langsung saja klik tombol Hitung.
  6. Nanti hasil tes kesehatannya seperti gambar di bawah ini.
  7. hasil kalkulator bmi online sehatq

Terdapat informasi apakah keadaan kamu saat ini Kurus, Normal, Kegemukan atau Obesitas. Semua sudah diperhitungan sesuai dengan Gender, Usia, Tinggi dan Berat Badan.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan 3 poin rekomendasi penting yang perlu dijalani agar berat badan kamu jadi ideal atau normal, dan pastinya hidup jadi lebih sehat.

Jika memiliki pertanyaan dan memerlukan saran dari ahlinya, kamu bisa melanjutkan menanyakan ke Dokter di SehatQ. Caranya mudah saja, cukup klik tombol "Lanjutkan ke Chat Dokter" nanti akan dialihkan ke halaman memilih dokter.

Atau bisa juga download aplikasi SehatQ agar lebih mudah komunikasinya, saat ini aplikasi SehatQ sudah tersedia di App Store dan Play Store.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai cara tes kesehatan menggunakan Kalkulator BMI Online di web sehatq.com. Adanya web tersebut membuat kita jadi mudah untuk mengetahui apakah berat badan kamu ideal atau tidak.

Namun seperti yang sudah verhan.id bilang sebelumnya, agar menjalani pola hidup yang sehat kamu perlu konsultasi ke dokter supaya mendapatkan pola yang benar.

Oke sekian artikel informasi kali ini, semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tes Kesehatan Menggunakan Kalkulator BMI Online di SehatQ"