Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti iPhone WiFi Only, Kekurangan dan Cara Memperbaikinya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas arti iPhone WiFi Only, kekurangan iPhone WiFi Only serta solusi atau cara memperbaikinya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

iphone wifi only

Bagi kamu yang sering menggunakan produk dari Apple terutama iPhone, mungkin kamu juga tak jarang mendapatkan informasi di grup jual beli yang menawarkan hp iPhone Wifi Only.

Sebagian besar orang memang belum banyak yang mengerti arti atau maksud dari wifi only tersebut. Agar tidak bingung, kamu harus paham dengan pengertian wifi only itu sendiri di iPhone.

Arti iPhone WiFi Only

WiFi Only merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan device dengan keadaan hanya bisa kamu akses menggunakan koneksi internet melalui WIFI saja.

Istilah ini juga sering muncul di produk Apple yang lain, yakni iPhone dan iPad. iPhone wifi only artinya perangkat iPhone hanya bisa terhubung ke internet hanya menggunakan WiFi saja.

Mengapa iPhone dan iPad? Memang istilah wifi only ini lebih sering ditemukan di produk iPad. Karena seperti yang kita ketahui bahwa iPad dalam urusan konektivitas hanya memberikan dua pilihan saja. Kedua pilihan tersebut tentu saja berupa kartu SIM atau memakai data seluler dan juga menggunakan jaringan Wifi saja.

Kamu bisa memilih menggunakan iPad yang memiliki fitur konektivitas hanya melalui jaringan data seluler dari kartu SIM. Atau menggunakan akses jaringan internet saja karena tidak memiliki akses ke jaringan melalui kartu SIM.

Penjelesan iPhone WiFi Only

Tak hanya pada iPad saja, wifi only juga terdapat di produk Apple yang sangat terkenal yakni iPhone. Jika kamu datang ke store tertentu, kamu mungkin akan melihat produk iPhone yang dilabeli dengan kata "WiFi Only".

Mengacu pada pengertian istilah tersebut yang dibahas sebelumnya, secara logika iPhone tidak mungkin merancang hanya bisa tersambung ke koneksi WiFi saja, bukan?

Sedangkan yang kita ketahui bahwa produk iPhone telah dirancang khusus untuk menjalakan fitur seperti smartphone pada umumnya.

Tenang saja, karena pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kami jawab dengan menjabarkan arti istilah atau ulasan mengapa terdapat iPhone yang menggunakan sistem wifi only.

Penyebab iPhone WiFi Only

iPhone wifi only tidak terjadi begitu saja, ada penyebab dari luar pihak apple yang membuat iPhone tersebut menjadi wifi only. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa iPhone wifi only:

1. Pemblokiran IMEI

Bagi kamu yang suka berjalan-jalan ke luar negeri dan kebetulan membeli produk iPhone, sebelum digunakan kamu harus membayar pajak yang berlaku terlebih dahulu. Apabila tidak membayar pajak, maka secara otomatis IMEI iPhone tersebut akan hangus atau diblokir.

Dengan demikian, kamu tidak bisa menggunakan kartu SIM dari provider manapun. Oleh karena itu, iPhone tersebut hanya bisa melakukan searching internet melalui wifi only saja.

2. iPhone Lock Carrier

Ada beberapa jenis iPhone yang memiliki kontrak kerja sama dengan provider tertentu sehingga tidak sembarang jenis iPhone bisa menggunakan kartu SIM. Dampaknya, beberapa produk iPhone yang dimasukkan ke dalam negeri dan telah terikat kontrak kerja sama dengan provider tertentu sebelumnya.

Hal tersebut tentu saja menjadi salah satu alasan mengapa iPhone tersebut hanya memberlakukan sistem wifi only.

3. iPhone Bypass

iPhone Bypass adalah salah satu metode penyelesaian masalah kunci handphone dengan resiko tidak dapat lagi menjalankan jaringan pada kartu SIM. Apabila iPhone mu pernah dilakukan Bypass kemungkinan akibat yang timbul adalah iPhone hanya bisa wifi only saja.

Nah ,jika kamu menemukan penjual iPhone bypass wifi only, artinya iPhone tersebut tidak bisa menggunakan kartu SIM dari provider manapun alias hanya bisa menggunakan jaringan wifi saja.

4. Terjadi Kerusakan

Alasan terakhir adalah telah terjadi kerusakan pada iPhone yang menyebabkan jaringan internet hanya bisa diakses melalui jaringan Wifi saja.

Kekurangan dan Kelemahan iPhone Wifi Only

Karna harganya yang murah, tentu saja iPhone ini terdapat beberapa minus atau kekurangan yang sangat meyusahkan penggunannya. Berikut adalah beberapa kekurang iPhone wifi only:

  1. iPhone tidak boleh upgrade iOS.
  2. iPhone tidak boleh direset.
  3. Keamanan mudah dibobol.
  4. iPhone wifi only sudah di-jailbreak (tidak semua).
  5. Koneksi internet hanya bisa menggunakan wifi.
  6. Sewaktu-waktu iPhone bisa terkunci kembali, alias tidak bisa digunakan.

Cara Memperbaiki iPhone WiFi Only

Pasti kamu bertanya-tanya apakah iPhone wifi only bisa diperbaiki?

Sebenarnya, cara memperbaiki iPhone yang wifi only terbilang cukup mudah. Yang terpenting kamu sudah mengenali apa yang menjadi penyebab iPhone menjadi wifi only saja. Apabila salah satu faktornya adalah kerusakan, kamu bisa mencoba memperbaikinya ke counter terdekat.

Sedangkan apabila kerusakan iPhone sudah tidak bisa diperbaiki, satu-satunya cara adalah terpaksa menggunakan jaringan Wifi saja.

iPhone yang hanya bisa menggunakan jaringan wifi saja biasanya digunakan oleh gamer karna mereka tidak butuh fitur lainnya, yang penting bagi mereka adalah bisa menginstall game dan ada koneksi untuk membukannya. Baca juga : iPhone untuk Gaming.

Akhir Kata

Itulah sekilas informasi singkat mengenai arti iPhone wifi only lengkap dengan kekurangan serta cara memperbaikinya. Semoga sedikit infomasi diatas dapat membantu kamu yang sedang bingung mengalami permasalahan yang sama.

4 komentar untuk "Arti iPhone WiFi Only, Kekurangan dan Cara Memperbaikinya"

  1. Kalau iPhone WiFi only/bypass kan gabisa di buat download. otomatis hanya bisa menggunakan WiFi saja.... Terus Apakah Bisa Buat Browsing Atau Nge-game Kan Gak Bisa Download? Tolong Jawab kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kak, asal internetnya harus tersambung melalui WiFi

      Hapus
  2. tapi apakah bisa di benarkan lagi agar bisa memakai kartu sim dan internet lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak pasti kak, tergantung dari alat yang digunakan untuk ByPass. Ada yang berhasil menggnakan kartu SIM Card ada juga yang tidak.

      Hapus