Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google Paling Atas

cara ranking 1 google

Hallo sob, semoga kabar kalian baik-baik saja! Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi artikel pengalaman saya selama membangun blog verhan id. Topik yang akan dibahas adalah cara agar blog muncul di pencarian google paling atas.

Dibuatnya artikel ini adalah untuk berbagi ilmu yang saya tahu sekaligus menjadi catatan digital sebagai pengingat saya tentunya.

Dengan menulis dan berbagi ilmu disini, mudah-mudahan bisa menambah pahala untuk saya. Dan ini juga merupakan sebuah trik agar ilmu yang sudah didapat tidak mudah lupa.

Pastinya cara yang akan saya tulis ini merupakan hasil dari praktek dan penerapan ke blog verhan.id. Jadi proses pengerjaannya benar-benar sesuai yang selama ini saya lakukan.

Soal hasil, alhamdulillah banyak artikel muncul dihalaman pertama google dan pastinya blog banyak dikunjungi setiap harinya.

Dengan adanya artikel ini mudah-mudahan nantinya bisa membantu meningkatkan pengunjung ke blog kamu. Mau kan pengunjung blog bertambah terus tiap bulannya? Seperti blog saya ini.

blog muncul di ranking 1 traffik blog verhan.id semakin meningkat

Oke mungkin kalian sudah tidak sabar apa saja yang saya lakukan agar blog muncul di google paling atas. Mari simak penjelasannya di bawah.

Cara Blog Muncul di Pencarian Google

Baca pelan-pelan ya, pembahasannya hanya pada poin-poin yang benar-benar saya kerjakan aja ko. Jadi jangan sampe terlewat!

Nah, sebelum tau cara membuat blog kita di halaman pertama google baiknya kita mulai dari cara agar blog terindex mesin pencarian Google terlebih dahulu.

Karna banyak juga blogger pemula yang bertanya kenapa blog tidak muncul di pencarian google. Padahal blog nya belum didaftarkan ke Google Search Console.

Daftarkan Blog ke Google Search Console

daftar blog ke google search console

Banyak blogger yang baru terjun merasa kesulitan dan heran kenapa blog nya lama atau bahkan tidak muncul di pencarian google. Mereka tidak tau bahwa ada sebuah tool yang dibuat khusus agar cepat terindex di google.

Cara agar blog muncul di pencarian google blog harus didaftarkan ke Google Search Console terlebih dahulu.

Google Search Console merupkan tool canggih buatan google yang berfungsi untuk mempermudah web terindex oleh mesin pencarian google. Ini juga bisa membantu postingan blog web cepat terindex google.

Di dalamnya terdapat banyak fitur penting yang dapat membantu pemilik web untuk memantau dan optimasi web lebih lanjut.

Ini penting banget sih! Agar blog kita bisa muncul di google dengan cepat, kita wajib mendaftarkan blog ke Google Search Console.

Cara mendaftarkan blog ke Google Search Console adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi link berikut https://search.google.com/search-console.
  2. Login menggunakan akun Google.
  3. Daftar dan Tambahkan properti blog.
  4. Isi dengan alamat domain blog kamu.
  5. Lanjutkan sampai verifikasi blog ke webmaster berhasil.
  6. Dan daftarkan sitemap blog kamu ke webmaster.

Untuk pembahasan Google Webmaster singkat saja, kalau untuk cara penggunaan lengkapnya mungkin nanti saya bahas di postingan lain, atau kalau mau take action sekarang bisa cari turorialnya di Google.

Cara Agar Blog Muncul di Google Paling Atas

Setelah mengetahui cara blog muncul di mesin pencari, langkah selanjutnya adalah belajar membuat artikel dan mengoptimasinya supaya bisa ranking dan bersaing di mesin pencarian Google.

Untuk mempermudah artikel blog muncul di google paling atas, disini saya akan memulai dari riset keyword atau kata kunci.

Riset Kata Kunci Sebelum Menulis Artikel

riset kata kunci di google trends

Riset kata kunci (keyword) merupakan salah satu cara agar blog banyak dikunjungi. Sebenarnya bisa aja sih pake feeling, cuma ya lebih akurat riset, kan ada datanya.

Sebelum mulai menulis saya selalu melakukan riset kata kunci untuk judul dan topik artikel terlebih dahulu. Mengumpulkan beberapa kata kunci yang masih berhubungan dengan artikel yang mau dibuat nanti.

Riset yang saya lakukan adalah mencari data volume pencarian selama 1-12 bulan terakhir. Berapa angka volume nya bang? Kalau soal angka bebas sih, yang penting setiap bulannya ada yang nyari. Yaa minimal 1000/bulan deh.

Terus perhatikan juga persaingannya berat apa ngga, diliat ada web apa aja di halaman 1 dengan kata kunci tersebut. Bandingkan kekuatan domain blog kita dengan blog yang ada dihalama 1, kalau dirasa kuat geser posisinya, langsung aja buat artikelnya.

Ini beberapa tool riset kata kunci yang pernah saya gunakan:

  1. Google Trends
  2. Google Search
  3. Google Keyword Planer
  4. Ubersuggest
  5. Keywordtool.io
  6. SEMRush
  7. LSI Graph

Membuat Artikel Berkualitas dan SEO Friendly

Artikel berkualitas di blog berbeda dengan tulisan di media lainnya. Berbekal bisa menulis saja tidak cukup untuk bersaing di halaman pencarian google.

Kamu perlu belajar membuat artikel yang ramah untuk mesin pencari, istilah kerennya artikel SEO friendly. Dengan membuat artikel SEO friendly, posisi blog kamu akan lebih mudah naik ke halman 1 google.

Berikut adalah poin penting yang saya utamakan dalam penulisan artikel berkualitas di google.

  1. Perhatikan Search Intent

  2. AI google sekarang sudah sangat pintar, bisa membedakan sebuah halaman web berupa informasi atau transaksi jualan. Google benar-benar bisa memberikan halaman web sesuai apa yang orang cari.

    Terdapat 4 jenis kata kunci, yaitu::

    • Kata kunci Navigasi.
    • Kata kunci Komersial.
    • Kata kunci Informasi dan.
    • Kata kunci Transaksional.

    Disini kalian harus pintar-pintar membuat judul dan isi konten sesuai yang dibutuhkan orang.

    Contohnya seperti 3 kata kunci ini:

    • Hp Xiaomi.
    • Beli Hp Xiaomi.
    • Hp Xiaomi Terbaik.

    Coba kalian pikir dengan pencarian ke tiga kata kunci tersebut, konten apa yang akan muncul di halaman pertama google. Coba kamu tes searching di google dengan 3 kata kunci di atas.

    Jika sudah mengetahui perbedaannya, mungkin kamu sudah bisa menentukan judul dan isi artikel yang bisa masuk ranking 1 google dengan mudah.

  3. Hirarki Artikel Harus Terstruktur

  4. Setelah melakukan riset kata kunci dan mengumpulkan topik yang akan dibahas, kalian harus menulis artikel dengan hirrarki yang mudah dipahami. Google sangat menyukai sebuah artikel yang isi kontennya terstruktur.

    Dengan menulis artikel yang terstruktur blog kamu akan terlihat profesional, pembaca juga akan mudah memahami isi tulisan yang kamu buat. Umumnya sebuah artikel akan ditulis mulai dari pembukaan, isi dan penutup.

    Contohnya seperti gambar di bawah ini:

    contoh daftar isi artikel di blog verhan.id

    Oh iya untuk mempermudah pembaca sebaiknya gunakan fitur Table Of Content (daftar isi artikel berupa link), contohnya bisa kalian lihat gambar di atas.

    Saya juga mau tanya, menurut kalian artikel ini udah terstruktur dengan baik atau membingungkan? Bantu komen ya!

  5. Artikel Lebih Lengkap

  6. Ini prinsip saya ketika menulis artikel, isi konten harus lebih lengkap dan up to date dari 10 artikel terbaik yang ada di halaman 1 google.

    Jika rata-rata tulisan mereka berjumlah 1000 kata, saya akan berusaha menulis 1500-2000 kata. Namun perlu diperhatikan juga isi artikel tidak boleh keluar dari topik judul yang sudah ditentukan.

    Cari keyword tuturnan (LSI Keyword) yang sekiranya bisa masuk ke pembahasan topik artikel tersebut. Semakin banyak keyword turunan dibahas, maka artikel kamu akan muncul di pencarian google dengan banyak variasi keyword.

    Google juga mengedapankan artikel yang memiliki banyak jumlah kata. Tentunya artikel yang ditulis harus original dan didukung dengan media lainnya, seperti gambar dan video sebagai pendukung konten.

Optimasi Artikel (SEO On Page)

Ini adalah langkah lanjut dalam penulisan artikel berkualitas. Ada beberapa hal yang harus kamu terapkan pada halaman artikel.

  1. Menempatkan Kata Kunci di Tempat yang Tepat

  2. Agar blog muncul dihalaman pertama google, kamu juga harus tau cara optimasi penempatan kata kunci yang benar.

    Sebelum tau ini, saya menulis artikel asal jadi saja, ternyata itu menjadi masalah besar dalam nilai ranking di mata google.

    Berikut ini adalah cara saya menempatkan kata kunci pada sebuah halaman artikel:

    • di URL artikel.
    • di Judul artikel.
    • di Tag heading.
    • di Featured image.
    • di Meta title.
    • di Meta deskripsi.
    • di Paragraf awal artikel.
    • di Paragraf tengah artikel.
    • di Paragraf akhir artikel.
  3. Tambahkan Internal Link dan External Link

  4. Internal link merupakan sebuah cara untuk menghubungkan halaman satu ke halaman lainnya dari blog yang sama. Contoh nya seperti yang saya lakukan ini → Cara Membuat Blog di Hp.

    Sedangkan..

    Eksternal link itu menambahkan tautan halaman web luar di halaman blog kita. Nah ini contohnya ya → YouTube Verhan.

    Internal ataupun Eksternal link, keduanya sama-sama bisa membantu menaikan posisi blog di pencarian google, dengan syarat halaman tersebut masih relevan dengan topik artikel yang sedang dibahas.

    Oh iya, semua link saya atur "Open New Tab". Jadi kalau ada pembaca yang mengklik link tersebut akan kebuka di tab baru.

  5. Optimasi Featured Snippet

  6. artikel verhan.id mendapatkan cuplikan di pencarian google

    Bukan page 1 dan top 1 yang sangat diinginkan oleh para blogger, ada yang lebih menarik dari itu, yaitu artikelnya direkomendasikan menjadi cuplikan pilihan di halaman pencarian google.

    Coba deh kamu cari di google dengan kata kunci ini "cara menghubungkan headshet di iphone".

    Posisi tersebut disebut juga dengan featured snippet. Hanya artikel yang masuk ke urutan 1-10 saja yang bisa mendapatkan hadiah tersebut.

    Wahh kalau punya niatan untuk menggeser posisinya dengan artikel kamu, berat sih! Tapi monggo kalau mau dicoba.

    Adapun untuk mendapatkan featured snippet ada beberapa format penulisan yang harus kamu tambahkan di dalam artikel. Berikut adalah beberapa diantaranya:

    • Gunakan Tag Heading (H1 dan H2).
    • Gunakan List dan Numbering.
    • Menyisipkan Tabel.
  7. Optimasi Gambar

  8. Selain tulisan, saya juga selalu meng-optimasi gambar yang akan diunggah ke dalam artikel.

    Opimasi gambar untuk blog kaya gimana bang? Pertama kompres gambar (di TinyPNG), nama gambar harus berisi keyword dan penulisan disambung dengan simbol strip (-).

    Misalnya ilsutrasi gambar template mas sugeng, maka gambarnya akan saya kasih nama template-mas-sugeng.

    Bonusnya gambar yang ada di artikel bisa masuk halaman 1 google, ada di paling atas pula, sangat berpotensi mengundang visitor.

    Ini nih contoh gambar blog yang masuk ke halaman pertama google.

    optimasi gambar halaman pertama google
  9. Perbaiki Kesalahan Penulisan (Typo)

  10. Sebisa mungkin menulis artikel dengan benar sesuai EYD. Baca ulang artikel yang akan dipublikasikan, jika ada kesalahan penulisan langsung perbaiki.

    Kesalahan dalam penulisan kata akan membuat robot google gagal membaca dan bingung apa yang disampaikan dari artikel tersebut.

    Memang hal sepele tapi ini cukup berpengaruh, apalagi jika letak typo nya berada di kata kunci. Jadi tolong sebelum publish diperiksa lagi ya.

Share Postingan ke Media Sosial

Membagikan artikel ke media sosial merupakan hal umum yang sering dilakukan para penulis. Tujuan sudah jelas untuk mempromosikan artikel, semakin banyak interaksi pada postingan di medsos maka akan bagus juga efeknya ke blog kamu.

Eh sebenarnya ini bukan faktor ranking sih, Google sendiri yang bilang. Tapi dengan kita membagikan konten blog ke media sosial, ada kesempatan blog banyak dikunjungi, apalagi kalau konten blog kita vilar dibagikan.

Secara tidak langsung membagikan blog ke media sosial juga termasuk langkah optimasi SEO off page.

Beli Backlink Berkualitas (SEO Off Page)

memilih backlink di rajabacklink.com

Setelah membuat artikel, mengoptimasi dan mempublikasikan, saya biarkan dulu 1 sampai 2 minggu sambil melihat pergerakan ranking keyword di mesin pencarian google.

Jika posisi artikel sudah stuck diposisi tersebut dan belum masuk page 1, biasanya saya akan mencari jasa backlink untuk menaikan postingan blog ke halaman 1 google.

Backlink yang digunakan cukup 1-2 saja, sebagai awalan optimasi, jika dirasa kurang power bisa nambah lagi diminggu berikutnya.

Dimana tempate saya membeli backlink terpercaya?

Untuk saat ini saya lebih suka membeli backlink murah di RajaBacklink.com. Disana kita bisa menemukan dan memilih ribuan backlink berkualitas (contohnya lihat gambar di atas).

Sering Melakukan Pembaruan Artikel

Agar blog selalu dikunjungi pengguna lain usahakan blog selalu di update.

Merubah dan menambah isi artikel juga rutin saya lakukan, berlaku untuk artikel yang belum masuk ke page 1 atau posisi stuk tidak ada perubahan selama 1 bulan.

Yang saya lakukan saat memperbarui artikel:

  • Menambah materi artikel 100 sampai 200 kata.
  • Tambah gambar agar artikel lebih kaya.
  • Menyusun penempatan kunci yang lebih baik.
  • Hapus beberapa kata kunci jika dirasa terlalu bannya (keyword stuffing)

Udah itu aja sih.

Blog Menggunakan HTTPS (SSL Certificate)

blog verhan.id sudah menggunakan ssl

Ini adalah hal teknis pertama yang penting untuk diperhatikan. Web zaman sekarang wajib menggunakan SSL kalau mau dipandang lebih oleh google.

Google sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa penggunaan HTTP dapat mempengaruhi ranking blog.

Ciri-ciri blog yang sudah menggunakn SSL adalah tedapat tanda gembok terkunci (🔒) di status bar browser. Jika diklik akan menampilkan bahwa web tersebut aman.

Menggunakan Template Blogger Premium

template blog verhan responsive

Saya tidak terlalu paham dengan coding template blog, kalau ngedit-ngedit sendiri nanti malah error. Makannya untuk kebaikan blog verhan.id, langsung saja dipasang template blogger premium dari mas sugeng yang sudah terjamin ahli dalam membuat template.

Ini saya juga mau ngasih tau kriteria template blog yang disukai google di algoritma sekarang, diantaranya

  1. SEO Friendly.
  2. Fast Loading.
  3. Breadcrumbs terindex di google.
  4. Responsive dan Mobile Friendly.
  5. Menggunakan schema markup.
  6. yang pasti tidak ada error.

Akhir Kata

Itulah cara yang selama ini saya lakukan ke blog verhan.id agar blog muncul diposisi halaman google paling atas. Tentunya tidak semua postingan berada di halaman 1, karna setiap postingan memiliki saingan yang berbeda-beda.

Masih banyak faktor lain yang menentukan ranking di halaman pencari, mungkin lebih 200 faktor lagi, saya juga belum banyak tau. Namun untuk sekarang, penjelasan di atas sudah cukup mebantu untuk bersaing dengan blogger lainnya.

Pentimg! Agar blog selalu dikunjungi pengguna lain usahakan blog selalu update artikel.

Dan bagi kalian yang masih bingung atau ada kalimat yang tidak dipahami dari penjelasan di atas, silahkan berkomentar di kolom komentar. Akan saya jawab sebisa mungkin!

Demikian, semoga bermanfaat.

5 komentar untuk "Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google Paling Atas"

  1. Wah saya selama ini, nulis ya nulis saja, tidak paham yang dimaksudkan dengan riset kata kunci, jadi pelajaran baru, terima kasih banyak mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, banyak hal yang perlu dipelajari agar blog bisa banyak pengunjungnya. Salah satunya optimasi agar blog bisa muncul di pencarian google, lebih hebat lagi bisa berada di posisi 1.

      Hapus
    2. Setuju mas, terima kasih banyak atas tutorial yang sangat bermanfaat seperti ini.

      Hapus
  2. Bang template blog saya masih gratis, untuk ssl saya sudah ada sudah beli domain,custom hosting juga, kalau backlink SEO sama template premium blogger itu wajib ya? trmasuk praturan adsense juga?
    Terimakasih juga bang buat ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga wajib sih, cuman kalau template premium lebih bagus strukturnya, jadi bot google lebih mudah bacanya. Tapi template blog gratisan juga udah cukup ko!

      Kalau soal backlink menurut saya sangat penting, karena persaingan blog sekarang lebih ketat, rata2 sudah menggunakan baclink supaya bisa naik ke halaman teratas.

      Hapus