Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Cara Agar Cerita Wattpad Banyak yang Baca dan Vote

Kamu seorang penulis di Wattpad tapi cerita yang kamu buat sepi pembaca? Tenang saja, disini verhan.id akan berbagi tips dan cara agar cerita Wattpad banyak yang baca dan vote.

cara cerita wattpad banyak yang baca dan vote

Wattpad merupakan salah satu aplikasi yang hingga beberapa tahun terakhir masih marak dibicarakan. Aplikasi ini merupakan aplikasi membaca novel praktis melalui smartphone.

Tepatnya beberapa tahun lalu, aplikasi ini sangat digandrungi oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan kemudahan mengakses aplikasi tersebut sebagai pengganti novel cetak.

Ada dua tipe pengguna yang terdapat di aplikasi Wattpad ini, yaitu penulis dan pembaca. Harus diakui, beberapa penulis besutan Wattpad yang akhirnya sukses dalam karir mereka hanya dengan membuat novel.

Tentu hal tersebut tidak terjadi secara instan begitu saja, dengan kata lain ada faktor yang mendukung di baliknya. Salah satu faktor keberhasilan penulis terkenal adalah mendapatkan banyak pembaca dan voting.

Jika kamu juga ingin mengikuti jejak keberhasilan mereka, tentu saja kamu juga harus berusaha untuk mendapatkan banyak pembaca dan vote.

Cara Agar Cerita Wattpad Banyak yang Baca dan Vote

Sebgai penulis baru di wattpad kamu tidak bisa mempublish kemudian meninggalkannya begitu saja, ada beberapa kiat yang harus perlu diikuti supaya cerita wattpad terbaik kita banyak yang membaca.

Berikut adalah tips mengundang banyak pembaca, komentar dan vote di cerita wattpad yang bisa kamu ikuti.

1. Membuat Cerita yang Menarik

Tips pertama tentu saja kamu harus membuat cerita yang dapat menarik perhatian para pembaca. Cerita dengan alur yang jelas, serta tema yang anti mainstream lebih banyak dibaca karena tidak membosankan.

Kesalahan yang sering dilakukan penulis biasanya terletak pada tema yang "pasaran". Melihat penulis lain sukses dengan mengangkat tema cerita tertentu, membuat penulis lainnya mengikuti tema tersebut.

Bukannya semakin tertarik, yang ada pembaca akan semakin bosan membaca jalan ceritamu.

2. Menentukan Judul yang Tepat dan Menarik

Selain membuat cerita yang menarik, judul juga harus dibuat dengan semenarik mungkin agar dapat menarik minat pembaca. Judul juga merupakan salah satu aspek awal yang menentukan apakah pembaca akan tertarik untuk melihat ceritamu atau tidak.

Judul yang membosankan seperti terlalu panjang dan pasaran biasaya langsung membuat pembaca batal melirik ceritamu. Oleh karena itu, buatlah judul dengan format yang tepat, tidak pasaran, dan menarik pembaca.

3. Membuat Cover yang Menarik

Selain judul, ada aspek yang juga tidak kalah penting saat dilihat pertama kali oleh pembaca, yaitu cover. Baca juga → Ukuran Cover Wattpad.

Baik pada novel cetak maupun novel online di smartphone seperti aplikasi Wattpad ini, cover tetap menjadi faktor penentu apakah pembaca tertarik untuk mebaca ceritamu atau tidak.

Tidak perlu terlalu mewah, cover yang memenuhi kriteria biasanya harus berhubungan degan isi dan tema cerita, lalu gunakan font yang tidak berlebihan, serta perpaduan warna yang menarik.

4. Rajin dan Konsisten Update

Pembaca lebih menyukai penulis yang memiliki konsistensi dalam menyelesaikan ceritanya. Pembaca tidak suka jika mereka digantung dengan cerita yang tidak memiliki kejelasan dalam waktu update-nya.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mendapatkan banyak pembaca dan vote di Wattpad, coba buat jadwal update posting secara konsisten, misalnya 1 minggu sekali dihari sabtu.

Dengan begitu mereka mengetahui kapan kamu akan mengupdate cerita. Selain itu, kamu juga harus bisa konsisten dalam melaksanakan jadwal tersebut agar pembaca tidak meninggalkan ceritamu.

5. Berkomentar di Cerita Orang

Agar cerita wattpad banyak yang membaca, kamu juga bisa membangun dan mengenalkan diri kepada penulis wattpad lainnya. Salah satu cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah berkomentar di penulis cerita lainnya.

Berkomentar lah di penulis yang ceritanya masih 1 genre dengan cerita kamu. Berikan komentar positif seperti memuji bahwa cerita yang dia tulis bagus, kemudian diakhiri kalimat promosi seperti mengajak membaca cerita wattpad yang kamu tulis.

6. Promosi ke Media Sosial

Cara agar wattpad banyak yang baca terakhir adalah dengan melakukan promosi. Percuma saja jika kamu sudah menerapkan semua tips di atas tetapi tidak melakukan promosi sedikitpun. Promosi juga sangat penting agar bisa mendapatkan lebih banyak jumlah pembaca dan interaksi.

Sebelum cerita dirpomosikan sebaiknya buat daftar bacaan di Wattpad dengan terstruktur, agar pembaca yang baru datang akan terkesan. Jika semua cerita yang kamu buat sudah dikemas dengan rapih, segera lakukan promosi.

Bagaimana cara promosi cerita wattpad yang baik?

Perlu diingat, rajin promosi berbeda dengan spam. Lakukan promosi dengan jumlah yang wajar dan teratur, yakni dengan tidak mengganggu aktivitas orang di media sosial.

Akhir Kata

Itulah enam cara agar cerita wattpad banyak yang baca dan vote. Dahulu, penulis terkenal juga pasti menerapkan tips-tips di atas hingga akhirnya cerita mereka bisa laris di pasaran, bahkan sampai diangkat menjadi film.

Kamu hanya perlu konsisten dalam berusaha agar dapat mengikuti jejak kesuksesan mereka.

Posting Komentar untuk "6 Cara Agar Cerita Wattpad Banyak yang Baca dan Vote"