Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Blog di HP Gratis dan Menghasilkan Uang

cara membuat blog di hp

Hallo calon blogger! Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman bagaimana cara membuat blog di hp menggunakan blogger.com, tutorial ini mudah sekali untuk pemula. Tidak hanya membuat, tapi saya juga akan berbagai sedikit cara untuk menghasilkan uang dari blog dengan bermodalkan hp.

Cara buat blogspot lewat hp sangatlah mudah, bahkan seseorang yang tidak paham coding sekalipun bisa membuatnya. Dengan bantuan platform pembuat blog seperti Blogger dan Wordpress, hanya beberapa menit saja kita bisa membuatnya.

Adanya platform tersebut kamu bisa membuat blog dengan cepat.

Sebelum itu saya tegaskan disini saya hanya akan membahas cara membuat blog di hp menggunakan platform Blogger.com, bukan yg lain. Blogger.com merupakan situs untuk membuat blog gratis.

Kalau kamu mau request membuat blog menggunakan platform lain seperti Wordpress atau lainya, bisa req dengan cara berkomentar.

Sebelum ke tutorial cara membuat blog di hp dan menghasilkan uang, disini saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu blog.

Apa Itu Blog?

Blog merupakan sebuah website yang berisi artikel informasi berupa tulisan yang bisa dilengkapi media seperti foto, video, link, iklan dan lain sebagainya.

Sebuah blog biasanya update konten atau artikel secara rutin. Ada yang mengelolanya secara personal dan ada juga yang dikelola oleh beberapa penulis artikel blog profesional.

Jenis-jenis blog pun terbagi beberapa jenis, berikut diantaranya:

Blog Pribadi

Blog pribadi dibuat untuk kesenangan pribadi saja. Blog pribadi sering disebut juga jurnal online.

Biasanya artikel yang dipublikasikan hanya cerita-cerita harian dari pengalaman pribadi seperti cerita liburan, pengalaman disekolah atau kampus, kisah bersama keluarga, hingga kisah asmaranya.

Blog Profesional

Tidak seperti blog pribadi, blog profesional sedikit memiliki aturan tertenu dalam konten yang dipublikasikannya. Kontennya bisa mempromosikan diri bahwa dia adalah seseorang ahli dibidang tertentu, misalnya profesional di bidang SEO.

Jika orang tersebut profesional di bidang SEO maka isi kontennya harus berkaitan dengan optimasi web di mesin pencari. Misalnya membahas konten cara membuat artikel yang disukai google, optimasi kecepatan website, merekomendasikan template blog yang disukai google adsense dan masih banyak lagi.

Blog Bisnis

Blog bukan hanya untuk hal-hal pribadi saja, tapi blog juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan sebuah brand, produk, toko, lokasi strategis, atau sebuah perusahaan sekalipun.

Dengan memanfaatkan blog sebagai konten marketing, kamu bisa menjaring pengunjung menjadi calon pembeli. Misalnya teman kamu memiliki Jasa SEO Murah, nah kamu bisa membuat konten seputar SEO yang kemudian disisipkan atau diakhiri dengan tulisan promosi Jasa SEO Murah.

Tujuan Membuat Blog

Adapun tujuan orang membuat blog adalah untuk berbagi karya tulisan seperti informasi penting berupa berita, panduan atau tutorial, kisah perjalanan, cerita pribadi dan masih banyak lagi alasan lainnya kenapa seseorang membuat blog.

Selain sebagai sarana informasi dan media publikasi alasan lain seseorang membuat blog adalah untuk menghasilkan uang dari internet.

Ya, seorang blogger bisa memanfaatkan blognya untuk membangun branding atau brand awareness, menghasilkan uang dari berbagai sumber (nanti saya kasih tau dari mana saja sumbernya).

Sudah tidak sabar bagaimana cara membuat blog di hp android atau iphone? Tidak perlu panjang lagi, mari kita langsung saja mulai tutorialnya.

Cara Menjadi Blogger Lewat HP

Jadi blogger lewat hp bisa dilakukan oleh semua orang. Di era citizen journalisme seperti sekarang, siapa pun bisa menjadi penulis tanpa perlu bergabung dengan media.

Teknologi smartphone saat ini sudah canggih, kita bisa melakukan banyak hal seperti yang dilakukan di komputer.

Mungkin kamu juga berpikir apakah bisa menjadi blogger menggunakan hp? Tentu saja sangat bisa, banyak teman saya yang mulai ngeblog hanya bermodalkan hp saja.

Alat dan Aplikasi yang diperlukan untuk ngeblog lewat hp:

  1. Smartphone
  2. Koneksi internet
  3. Aplikasi Browser
  4. Aplikasi Canva
  5. Photo Editor
  6. Eraser Background
  7. Google Analytic
  8. Google Drive

Mungkin hanya aplikasi itu saja yang dibutuhkan, ini sesuai pengalaman saya saat menulis artikel blog lewat hp. Nah, sekarang mari kita lanjut ke panduan cara membuat blog di hp.

Cara Membuat Blog Gratis di HP dengan Blogger

Cara bikin blog di hp sangatlah mudah tanpa aplikasi tambahan. Cukup menggunakan browser yang tersedia di hp saja.

Yang diperlukan dalam membuat blog di blogger adalah akun Gmail (Google) untuk login ke blogger.com. Tentu saja, karna produk blogger ini milik Google, jadi kita wajib punya akun Google ya. Nanti kita akan buat akun blogger menggunakan akun Google.

Oke, jadi sekarang kita mulai saja langkah-langkah cara membuat blog di blogger di bawah ini:

1. Pertama buka browser Chrome, lalu kunjungi Blogger.com.

2. Saat pertama kali berkunjung akan tampil halaman beranda blogger seperti gambar di bawah, silahkan tekan tombol BUAT BLOG atau MASUK.

membuat akun blogger

3. Setelah itu kamu akan diarahkan untuk Login menggunakan akun Google. Proses nya sama seperti login ke email via browser.

login blogger menggunakan akun google

4. Jika berhasil Login, kamu akan langsung masuk ke halaman Dashbord Blogger.

5. Lanjut proses membuat blog. Tekan ikon strip 3 lalu pilih Create Blog.

membuat blog baru di blogger

6. Akan muncul pop up untuk mengisi data blog.

  • Choose a name for your blog : Masukan nama blog sesuai yang kamu inginkan. NEXT
  • Choose a URL for your blog : Isi sesuai alamat blog yang kamu inginkan, selagi masih tersedia.
Jika tersedia dan kamu merasa pas dengan Nama dan URL nya, langsung saja tekan SAVE.
pendaftaran blog baru

7. Sampai tahap ini membuat blog pribadi sudah jadi! Tampilan atau tema blog dipilih secara default oleh Blogger. Kalau nanti mau coba ganti-ganti template, kamu bisa baca artikel ini > cara mengganti template blog.

8. Lanjut ya, sekarang coba kamu lihat blog nya. Caranya tekan ikon strip 3, kemudian pilih View Blog.

membuat blog sudah jadi

Mengenal Menu - Menu di Blogger

Setelah proses membuat blog, blogger pemula juga perlu mengenal fungsi-fungsi menu pada blogger, jadi kamu perlu membacanya agar lebih mudah memanfaatkan fitur yang ada di blogger.

Oh iya, pengaturan menu di dashbord blog saya menggunakan bahasa inggris, tapi sama aja ko urutan menu nya, jadi gak usah pusing ya.

menu di blogger
  1. + New Post = Tombol ini berfungsi untuk membuat artikel baru.
  2. Post = Untuk melihat semua postingan baik itu artikel yang sudah dipublish atau draft.
  3. Stats = Di menu ini kamu bisa melihat statistik kunjungan blog, statistik postingan dan halaman.
  4. Comments = Menu ini untuk melihat komentar dari pengunjung, akan terlihat komentar yang sudah dsetujui dan menunggu moderasi.
  5. Earnings = Menu untuk mendaftarkan blog ke Adsense (menu ini akan muncul jika blog kamu sudah layak bermitra dengan Adsense).
  6. Pages = Hampir sama dengan menu postingan, namun tidak terlihat di beranda blog.
  7. Tayout = Pada menu ini kamu bisa mengatur layout blog. Layout yang saya maksud disini adalah menambahkan dan mengatur posisi widget.
  8. Theme = Untuk mengatur tema blogger, lebih tepatnya untuk mengedit tampilan blog.
  9. Settings = Menu untuk mengatur semua infromasi tentang blog. Isi pengaturannya adalah setelan dasar blog, setelan email, setelah bahasa dan pemformatan, preferensi penelusuran dan setelan lainya.
  10. Reading List = Kalau menu ini buat daftar bacaan dari blog yang kamu ikuti. Misal kamu mengikuti blog saya, nanti artikel yang saya publis akan muncul disana.

Singkat saja pengenalan menu di blogger, akan sangat panjang jika dijelaskan secara rinci, mungkin diartikel selanjutnya saja saya jelaskan lagi lebih detail.

Oke sekarang ke hal penting lainya setelah membuat, yaitu mengisi konten blog dengan menulis artikel.

Cara Membuat Artikel di Blogger Lewat Hp

membuat artikel di blogger
  1. Pertama tekan ikon strip 3 kemudian pilih + NEW POSTS.
  2. Tentukan topik apa yang mau ditulis, sebagai contoh saya menulis 1 artikel sembarang.
  3. Mengisi judul artikel "Ini Contoh Artikel". Dan sedikit tulisan isi artikel "Hello word... bla bla bla".
  4. Ketika sudah siap untuk memposting post di blog kita maka kita memilih Publikasikan, tombol ada di pojok kanan atas, lalu tekan CONFIRM.
  5. Melihat hasil artikel yang sudah dipublikasikan. Lihat Blog kemudian READ MORE di postingan untuk melihat artikel secara penuh.
lihat artikel di blog baru

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Modal Hp

Di masa serba online seperti sekarang, banyak orang sudah mengetahui bagaiamana cara menghasilkan uang secara online, salah satunya adalah dari blog.

Apakah kamu pernah mendengar atau membaca artikel seorang blogger yang bisa mendapatkan uang dari blog sampai ratusan juta perbulan.

Salah satu blogger dengan penghasilan tinggi adalah Mas Sugeng, bisa menghasilkan 1 Milyar dari hasil penjualan template blogger buatan sendiri. Itu hanya dari sumber penjualan template saja, belum dari penghasilan lainnya.

Yaa, blogger profesional pasti bisa mencapai pendapatan hingga ratusan juta dengan mudah. Mungkin kamu bertanya-tanya dari mana penghasilan bisa setinggi itu? Penasaran!

Blogger yang sudah berpengalaman akan selalu punya cara untuk menghasilkan uang, tidak hanya dari satu sumber saja.

Salah satu sumber penghasilan blogger yang umum dan paling banyak diusahakan adalah Google Adsense.

Menghasilkan Uang dari Blog dengan Adsense

Apa itu Google Adsense?

Google Adsense merupakan program periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google.

Pemilik blog yang bekerja sama dengan Google Adsense bisa menampilkan iklan display dan text pada website mereka.

Untuk bekerja sama dengan Google Adsense pemilik blog perlu membangun blog yang layak sesuai aturan-aturan yang sudah ditentukan oleh pihak Adsense.

Cara kerja Gooogle Adsense adalah membayar setiap klik dan tayangan iklan dari pengunjung. Semakin banyak pengunjung blog, maka semakin tinggi pendapatan iklan Adsense.

Nih saya tampilkan waktu awal-awal berjuang membangun blog dan mendapatkan penghasilan dari Adsense.

menghasilkan uang dari blog dengan google adsense

Dan gambar di bawah ini adalah penghasilan setelah berjuang kurang lebih 1 tahun.

penghasilan adsense

Oke sampai di sini saja tentang Adsense, karna bakal panjang banget kalau dibahas sampai puas, hehe.

Oh iya, saat ini saya juga sedang membuka jasa pembuatan blog khusus untuk bermain adsense. Untuk detailnya baca aja disini, Jasa Pembuatan Blog Adsense.

Sumber Penghasilan Blogger selain dari iklan Google Adsense

Dengan singkat disini saya juga akan membocorkan dari mana saja sumber penghasilan blogger saat ini. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Mempromosikan produk orang lain, dapat komisi setiap penjualan.
  2. Menjual jasa secara online. Seperti jasa konsultasi, jasa pembuatan blog, jasa backlink dan masih banyak ide jasa lainya.
  3. Menjual kursus secara online.
  4. Menjual produk buatan sendiri.
  5. Menjual blog yang sudah ada pengunjungnya.

Saya yakin penghasilan blogger akan semakin banyak sumbernya, tidak hanya itu-itu saja.

Bagaimana Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang untuk Blogger Pemula

Ada banyak hal yang perlu kamu pikirkan saat ingin membuat blog penghasil uang. Berikut ini cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula:

  • Menentukan topik konten yang benar-benar kamu kuasai.
  • Membuat Blog degan tampilan yang profesional.
  • Membuat artikel secara konsisten minimal 1 tahun.
  • Tingkatkan kemampuan menulis agar mudah dipahami pembaca.
  • Belajar SEO On Page dan SEO Of Page untuk mendapatkan traffik lebih cepat.
  • Berkomunikasi dan membangun jaringan sesam blogger.
  • Tetap produktif hingga tujuan tercapai.

Akhir Kata

Tidak terasa pembahasan cara membuat blog di hp dan cara menghasilkan uang dari blog cukup panjang. Membuat blog dari hp benar-benar mudah bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Mari mulai berkarya melalui tulisan dan mempublikasikan nya lewat blog. Walau tulisan kita masih terbaca belibet dan kurang enak dibaca, paling tidak bisa sedikit membantu orang lain.

Semoga artikel ini bisa membantu.

7 komentar untuk "Cara Membuat Blog di HP Gratis dan Menghasilkan Uang"