Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membersihkan Cache di iPhone dengan Cepat

Hallo broo, masih membahas seputar tutorial penggunaan iPhone. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membersihkan cache di iPhone, cache aplikasi dan cache sistem iPhone.

cara membersihkan cache di iphone

Seiring berjalannya waktu menggunakan iPhone, ruang penyimpanan pada iPhone semakin menipis dikarenakan banyaknya file dan dokumen yang terus bertambah, belum lagi pemasangan aplikasi berkapasitas besar yang terpasang.

Namun bukan hanya file saja yang membuatnya penuh, data cache juga bisa menyebabkan ruang penyimpanan menjadi penuh.

Nah, sebelum ke tutorial cara membersihkan cache di iPhone, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu mengenai cache pada iPhone.

Apa itu Cache pada iPhone?

Cache merupakan proses penyimpanan sementara dari sistem atau aplikasi yang terpasang pada memori ponsel. Aplikasi yang terpasang pada iPhone akan menyimpan cache, semakin sering ponsel digunakan maka akan semakin banyak cache yang menumpuk.

Analogi nya seperti ini. Seperti kamu pertama kali berangkat ke kantor, tentu saja kamu sedikit kesulitan mencari jalan menuju kantor.

Setelah berkeliling dan meneukan jalan pergi ke kantor, kamu akan datang lebih cepat menuju kantor karna kamu sudah tau letaknya.

Ini juga yang terjadi pada cache. Sangat efektif dan bisa mempercepat saat membuka aplikasi atau menampilkan halaman di browser.

Apakah Cache di iPhone Bisa Dihapus?

Jawabanya adalah bisa. Efek dari menghapus cache adalah menghapus semua data ponsel dan pengguna yang sebelumnya tersimpan di memori, namun sisi baiknya adalah kapasitas memori akan bertambah lagi.

Bagi pengguna iphone baru mungkin kebingunan bagaimana cara menghapus cache di iphone. Dikarenakan iphone sendiri tidak menyediakan fitur atau aplikasi khusus untuk membersihkan cache iphone.

Sangat berbeda dengan ponsel Android yang menyediakan fitur cepat membersihkan data cache, tinggal 1 klik pada aplikasi tertentu, semua cache sistem dan aplikasi l langsung dibersihkan saat itu juga.

Lalu bagiamana dengan iPhone, apakah tidak ada fitur hapus cache atau susah melakukannya? Tentu saja ada, caranya berbeda dengan android.

Manfaat Clear Data dan Cache pada iPhone

Keuntungan setelah membersihkan cache pada ponsel yaitu membuat ponsel lebih ringan digunakan, ringan dalam artian melakukan aktivitas apapun di iPhone, lebih tepatnya mungkin multitasking.

Hal ini dikarenakan kapasitasi memori akan sedikit bertambah dan memori bekerja lebih stabil, sehingga membuat iPhone lebih nyaman saat digunakan.

Banyak pengguna iPhone yang tidak menyadari hal ini, mereka malas untuk membersihkan memori. Bahkan ada yang takut

Penasaran bagaimana cara melakukannya? Oke mari kita langsung saja ke tutorialnya di bawah ini.

Cara Membersihkan Cache di iPhone

Seperti yang sudah saya katakan sebelum bahwa membersihkan cache sistem pada iPhone sangatlah berbeda dengan android.

Untuk memebersihkan cache sistem, kamu bisa lakukan restart iPhone. Adapun cara melakukan restart di iPhone adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Sleep/Wake di samping body iphone.
  2. Tunggu sampai muncul menu Slide to Power Off.
  3. Geser Slide to Power Off untuk mematikan iPhone.
  4. Untuk mengaktifkannya silahkan tekan tombol Sleep/Wake beberapa detik hingga layar iPhone menyala.
  5. Setelah melakukan restart, sistem iPhone secara otomatis lebih fresh dan efektif dalam mengelola memori sistem.
Cara melakukan restar lainnya bisa kamu lihat diartikel ini : Cara Restart iPhone.

Cara Menghapus Cache Aplikasi di iPhone

Setelah melakukan pembersihan cache sistem i[hone, kamu juga bisa membersihkan cache aplikasi tertentu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Pilih opsi Umum, lalu pilih Penyimpanan iPhone.
  3. Muncul daftar aplikasi yang terpasang di iPhone, silahkan pilih aplikasi yang akan dihapus data dan cache nya.
  4. Kini saatnya menghapus, silahkan pilih Hapus App untuk menghapus semua data yang terkait pada aplikasi tersebut.

Nah aplikasi dan semua data sudah terhapus, tidak ada lagi data dari aplikasi tersebut yang tersimpan di memori iPhone.

NB: Jika kalian tidak ingin menghapus data dan cache, hanya ingin menghapus aplikasi nya saja, kalian bisa pilih opsi Keluarkan App. Semua data akan terisimpan dan ketika kalian menginstall ulang aplikasi tersebut, datanya akan kembali seperti sebelumnya.

Cara Menghapus Cache Browser Safari iPhone

Pada browser safari penghapusan data dan cache nya berbeda dengan cara di atas, kamu bisa menghapus langsung melalui aplikasi safari. Berikut adalah langkah-langkah cara menghapus riwayat, cache, dan cookie di browser safari:

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Cari dan buka Safari.
  3. Lalu sentuh Bersihkan Riwayat & Data Situs Web.
  4. Selesai.

Akhir Kata

Selesai sudah pembahasan cara membersihkan cache di iPhone. Semua langkah-langkah di atas bisa kamu lakukan dengan mudah, kan?.

Jangan lupa lakukan restart iPhone secara teratur dan rutin agar cache tidak menumpuk. Pastinya kamu juga akan lebih nyaman saat menggunakannya.

Sekian artikel tutorial iPhone kali ini, semoga bermanfaat!

4 komentar untuk "Cara Membersihkan Cache di iPhone dengan Cepat"