Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengubah Keyboard Menjadi Bahasa Arab di Android

mengubah keyboard menjadi bahasa arab di android

Ingin mengubah keyboard menjadi bahasa Arab di Android tapi tidak tahu caranya? Tenang saja kamu datang dihalaman yang tepat, karna disini saya akan membahasnya.

Beberapa orang mengubah keyboard mereka untuk tujuan mereka sendiri, tidak mungkin hanya untuk membuatnya terlihat keren.

Mungkin kamu berprofesi sebagai guru atau murid bahasa Arab yang sedang menekuni suatu bahasa, yaitu bahasa Arab atau anak pondok. kamu dapat menggunakan papan ketik Arab ini untuk belajar menulis bahasa Arab.

Untuk mengganti keyboard yang biasa kita gunakan ke bahasa Arab tidaklah sulit, hanya saja tidak semua orang bisa mengetik dalam bahasa Arab karena memang sulit. Banyak juga yang tidak bisa melakukannya sendiri hehe.

Oke Jadi kali ini saya akan memberikan pembahasan tentang mengubah keyboard ke bahasa Arab dengan bantuan aplikasi gratis yang ada di Play Store. Jadi di papan ketik Arab ini nantinya kamu bisa mengetik tulisan dalam bahasa Arab.

Cara Mengubah Keyboard Menjadi Bahasa Arab di Android

Di tutorial ini saya membuat langkah-langkah cara ganti keyboard huruf alfabet ke bahasa Arab dengan aplikasi Gboard (Google Keyboard).

Kenapa Gboard? karna kebanyak hp android saat ini sudah terinstal aplikasi Gboard, dari segi tampilan dan cara penggunaanya pun sangat simple dan mudah digunakan. Penasaran bagaimana caranya, mari kita langsung saja ke langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah 1 : Menambahkan Keyboard Arab di Android

  1. Download dan install Gboard dari Play Store.
  2. Buka Gboard dan masuk ke pengaturan keyboard Gboard.
  3. Kemudian pilih menu "Bahasa".
  4. Ketuk tombol "Tambahkan Keyboard".
  5. Cari dan tambahkan keyboard "Arab Saudi".

Langkah 2: Mengganti Keyboard Menjadi Bahasa Arab

  1. Ketik sesuatu dimana saja agar keyboard Gboard muncul.
  2. Jika keyboard sudah muncul tekan dan tahan tombol "Spasi".
  3. Akan muncul pengaturan memilih jenis keyboard.
  4. Silahkan pilih keyboard bahasa Arab untuk mengganti ke bahasa Arab.
  5. Setelah memilih, seharusnya kamu akan melihat huruf Arab pada keyboard.
  6. Selesai.

Aplikasi Keyboard Bahasa Arab di HP Android

Berikut ini adalah aplikasi yang direkomendasikan untuk aplikasi papan ketik Arab terbaik yang dapat kamu gunakan.

1. Keyboard Bahasa Inggris Arab

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi keyboard yang ditawarkan oleh Best App Solution untuk mengubah keyboard kamu ke bahasa Arab. Keyboard ini adalah keyboard yang mengubah bahasa Inggris ke bahasa Arab yang memungkinkan kamu untuk beralih bahasa Inggris ke bahasa Arab dengan mudah.

Kamu juga dapat menyesuaikan tema, font keren, latar belakang sesuai dengan yang kamu inginkan. Terdapat suara yang berbeda dari keyboard ini saat mengetik, jadi bagi yang suka bersuara saat mengetik pesan sebaiknya mencoba aplikasi ini.

Di sini tidak hanya bahasa Arab yang bisa kamu gunakan. Ada banyak bahasa yang bisa digunakan di papan ketik Bahasa Inggris Arab ini.

Download Keyboard Bahasa Inggris Arab

2. Keyboard Arab Harokat

Banyak aplikasi papan ketik Arab tidak memberikan huruf vokal pada alfabet. Bagi sebagian orang yang mungkin masih belajar sulit memahami bahasa Arab. Bagi umat Islam yang telah dibekali membaca Al-Qur'an sejak usia dini mungkin sudah bisa membaca bahasanya.

Tetapi sebagian orang tidak bisa, mungkin mereka kurang belajar. Oleh karena itu, Keyboard Arab Harokat ini bisa menjadi jawaban atas keluhan kamu.

Bagi kamu yang sedang mencari keyboard yang bisa menulis huruf Arab berharakat di Android, kamu bisa menggunakan keyboard yang satu ini.

Download Keyboard Arab Harokat

3. Gboard - Keyboard Google

Sudah tidak asing lagi mendengar kata google. Tidak dapat dipungkiri bahwa google selalu menjadi yang terbaik di mata dunia. Untuk memenuhi kebutuhan smartphone yang saat ini sedang marak, Google juga telah menyediakan keyboard dengan nama Gboard Google Keyboard. Aplikasi keyboard yang ditawarkan oleh Google LLC memang salah satu yang terbaik.

Di toko aplikasi unduhannya telah mencapai 1M +, mungkin semua orang yang ada di Arab ada yang menggunakan aplikasi keyboard bahasa Arab dari google kali ini. Gboard dirilis pada 25 Januari 2015. Itu 5 tahun yang lalu, tapi google telah mengupdate aplikasi ini pada 16 Desember 2019. Ada banyak fitur yang kita dapatkan saat menggunakan keyboard ini.

Dari kecepatan, dikte, jenis slide dan dilengkapi dengan pencarian google bawaan. Keyboard ini menawarkan banyak bahasa yang bisa digunakan mulai dari Afrika, Jerman, Yunani, dan Jawa.

Kamu juga bisa menggunakannya. Tidak lari dari pembahasan bahwa untuk menggunakan keyboard Arab, kamu juga bisa menggunakan aplikasi keyboard dari google ini.

Download Gboard

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang cara mengubah keyboard menjadi bahasa Arab beserta rekomendasi aplikasi keyboard Arab untuk Android. Ketiga aplikasi keyboard tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, sebaiknya kamu coba ketiga aplikasi tersebut lalu pilih sesuai kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Keyboard Menjadi Bahasa Arab di Android"