Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

20+ Template Blogger Responsive SEO Friendly Gratis

template blog seo friendly responsive gratis

Menggunakan template blogger responsive dan SEO friendly memang sudah menjadi kewajiban yang harus dipatuhi oleh blogger diera algoritma google sekarang. Design, ukuran dan kecepatan blog juga sangat mempengaruhi perkembangan blog, maka dari itu harus memilih template blog yang tepat.

Template Responsive dan SEO friendly sangat penting untuk bersaing di mesin pencari seperti Google. Semakin SEO sebuah template akan semakin mudah mendapatkan ranking lebih tinggi di pencarian.

Mencari dan memilih tema blog yang bagus tentunya cukup memakan waktu yang tidak sedikit, apalagi kalau kamu belum tau kriteria template yang bagus untuk blogger itu seperti apa.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tips memilih template blogger gratis beserta contoh template blogspot seo frienldy terbaik yang bisa kamu download tanpa mengeluarkan biaya.

Ciri-Ciri Template Blogger Responsive dan SEO Friendly

  1. Responsif
  2. Pastikan template blog yang kamu pilih sepenuhnya sudah responsif, agar saat blog dibuka pada perangkat mobile, tablet maupun desktop tetap terlihat rapi. Dengan begitu pengunjung dari perangkat apapun akan nyaman saat berkunjung ke blog kamu.

  3. Bekerja di Semua Browser
  4. Selain SEO friendly dan resonsif disemua perangkat, perlu diperhatikan juga apakah blog kamu tampil dengan baik di semua browser. Karna ada beberapa template blog yang struktur kode-nya hanya dirancang kompatibel pada beberapa browser saja.

  5. Navigasi Mudah
  6. Mungkin banyak yang belum paham apa itu Nagvigasi. Navigasi pada blog adalah alat atau fitur untuk mempermudah pengunjung menjelajahi konten-konten yang ada di blog, contohnya seperti menu navigasi, tombol pencarian, artikel terkait otomatis dan masih banyak lagi.

  7. Loading Cepat
  8. Kecepatan memuat halaman merupakan hal penting dalam memilih template blog. Semakin cepat halaman blog dibuka maka semakin bagus, karna robot google sangat suka blog yang loading-nya cepat.

    Keuntungan menggunakan template yang fast loading adalah blog mudah muncul di halaman pertama, disisi lain pengunjung juga tidak kesal menunggu mebuka blog kamu.

  9. Memiliki Fitur Standard Blog
  10. Template blogspot harus memiliki fitur standard untuk mempermudah dan memenuhi kebutuhan pengunjung. Apa saja fiturnya? Ini dia daftar fiturnya:

    • Menu navigasi
    • Terdapat Breadcrumb
    • Dynamic Heading
    • Fitur pencarian
    • Widget artikel terkait
    • Tombol berbagi sosial media
    • Menggunakan schema markup yang valid
    • Data Terstruktur Google sepenuhnya valid

Download Template Blogger Responsive SEO Friendly

Setelah membacara beberapa tips di atas, harusnya kamu sudah tau cara memilih template blogspot yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan blog kamu.

Dari sekian banyak template blog gratis yang ada, saya merangkum sekaligus memilih 21 template blogger terbaik dengan kategori tema Personal, Magazine dan News.

NB : klik nama template untuk mengunduh file xml template.

Berikut adalah daftar template blogger responsive dan seo friendly terbaik:

1. Simplify

simplify blogger template

Template blogspot gratis pertama dengan desain simple dan keren adalah Simplify. Simplify salah satu template blogger responsive karya Arlina yang cuku populer digunakan para blogger Indonesia, template ini dipublikasikan di idntheme.com.

Simplify sudah dirancang responsive di semua perangkat mobile, tablet dan desktop. Fitur yang disediakan juga sudah memenuhi kriteria standar blog SEO friendly.

Tema Simplify saat ini sepenuhnya dibagikan secara gratis dan tidak ada versi premium, jadi kalau tertarik dengan Simplify, langsung download aja.

2. Vikka

vikka blogger template

Selanjutnya ada Vikka template blogger responsive, keren dan fast loading, dengan tampilan navigasi sederhana tidak mengurangi nuansa keren pada template Vikka.

Jika kamu suka desain blog yang simple, ringan dan berwarna, maka Vikka adalah pilihan yang tepat.

Fitur penting pada template vikka seperti seo friendly, responsive, dynamic heading, high CTR dan masih banyak lagi. Tema ini sangat pas untuk blog yang bermitra dengan Google Adsense.

3. Katana

katana blogger

Template Katana memiliki dua versi yang berbeda, versi pertama seperti gambar di atas, pada halaman beranda tampilannya terlihat unik dibagian daftar artikel terbaru. Terdapat 3 artikel yang ditampilkan seceara khusus, yaitu 3 box thumbnail artikel.

Tampilan sederhana yang tidak terlalu banyak menampilkan thumbnail dibagian beranda dan halaman artikel, membuat template ini ringan dan fast loading.

Terdapat 1 widget cukup penting dibagian sidebar yaitu widget Newslatter, fungsinya untuk berlangganan artikel terbaru gratis.

4. Simple SEO

template blog simple seo

Sesuai dengan namanya template Simple SEO, desain template ini dirancang sesimple mungkin dan pastinya sudah SEO friendly.

Owner mengklaim bahwa pembuatan Simple SEO terinspirasi oleh kang Ismet, salah satu sepuh blogger Indonesia sudah lama vakum di dunia blogging.

Simple SEO menyediakan template blog premium dan gratis, tidak banyak perbedaan pada kedua versi , namun pada versi gratis terdapat link kredit yang terletak di footer

5. SEO Optima

template blogger seo optima

Template blogspot simple seo friendly selanjutnya adalah SEO Optima. Template ini dirancang simple, ringan dan ramah dengan mesin pencari alias mudah terindex.

SEO Optima sepenuhnya responsif, tampilan tetap rapi jika diakses melalui layar desktop, tablet dan mobile.

Walaupun template SEO Optima memiliki fitur premium, beruntung kamu bisa mendapatkan tema ini secara gratis, klik link di atas untuk medownload nya.

6. Asal SEO

template asal seo

Template blogger seo gratis selanjut nya ada Asal SEO. Walaupun nama awalnya "Asal" namun template ini tidak dibuat asal-asalan, terlihat dari desain yang dibuat sangat rapi dan minimalis.

Template ini malah memiliki 7 versi yang berbedea, mungkin awalnya template ini dibuat yang penting asal SEO friendly tapi banyak peminatnya, sehingga dibuat banyak versi.

Terdapat 1 versi gratis dan 6 versi pro, salah satu diantara versi pro terdapat satu versi yang tampilannya berbeda, yaitu versi Dark (gelap).

7. Mini Site

mini site template blogger

Template blogspot seo berpenampilan mini yang satu ini sangat keren, tampilan sederhana dengan berbagai perpaduan warna berbeda pada daftar artikel di halaman beranda.

Tata letak atau desain tidak jauh berbeda dengan template Sahabat AMP.

Template Mini Site dibuat 1 hanya 1 kolom, jadi tidak ada sidebar yang biasanya diisi widget artikel terpopuer. Sebagai gantinya owner menempatkan widget terpopuler dibagian bawah (di atas footer).

8. MiniFast

mini fast template blogger

Salah satu template seo friendly blogspot gratis paling ringan dan fast loading adalah MiniFast. Sebenarnya template MiniFast itu berbayar, namun versi lama sudah ada yang membagikan secara gratis.

Banyak blogger yang menginginkan tema blog ini karena kecepatan memuat halamannya sangat cepat, desain juga sangat minim, diklaim high CTR terhdapat iklan, sangat cocok digunakan blog yang menggunakan iklan Adsense.

9. Simple Grid

simple grid tema

Template blog bergaya grid cukup diminati blogger, salah satunya template Simple Grid ini. Dengan tampilan thumbnail yang besar akan sangat cocok diisi konten fotografer, travel wisata atau pemandangan alam.

Simple Grid memiliki banyak fitur keren, diantaranya: Grid Based Layout, Custom Subscribe Box Widget, Multi Author Box, Custom Contact Form Widget, Custom Threaded Comment, Light Base Theme Color, Clean Typography, Masonry Plugin dan masih banyak lagi.

10. Fast Mag

fast magz template

Tema selanjutnya ada tema kategori magazine, Fast Mag template blogger responsive bertema magazine yang diklaim sebagai salah satu template blog yang fast loading.

Tema ini sangat cocok digunakan berbagai niche. Misalnya fotografer, jurnalis, berita, majalah dan lainya. Fast Mag bisa kamu download secara gratis melalui link di atas atau penyedia template blogger lainya seperti Gooyaabi Templates.

11. AniMag

animag template anime

Template blogger yang satu ini dibuat khusus untuk blog anime. Saat ini banyak sekali anak-anak, remaja bahkan orang dewasa suka menonton film anime, khusus anime boruto dan one piece yang sudah mencapai ratusan episode

Maka dari itu jika kamu ingin membuat blog kategori masih banyak kesempatan untuk mendapatkan pengunjung yang tinggi.

Kalau mau buat web anime menggunakan blogspot, saya menyarankan untuk menggunakan template AniMag ini. Pada tampilan beranda daftar artikel dibuat berdasarkan kategori anime sehingga pengunjung bisa dengan mudah mencari genre anime favoritnya.

12. X-Mag

xmag template magazine

X-Mag menampilkan desain yang modern dan tegas sehingga akan sangat bagus untuk blog bertema teknologi atau gadget.

Walaupun template ini memiliki banyak kolom dan fitur, soal responsif tidak perlu dipusingkan lagi karena pengembang sudah mengaturnya dengan baik.

Kamu bisa mendapatkan template X-Mag secara gratis tanpa batas dengan syarat tidak menghapus kredit yang berada di footer.

13. Motive Mag

motive mag template blog

Template blog magazine selanjutnya ada Motive Mag yang dipublikasikan secara gratis di Sora Template, tema blogger majalah yang tampil minimalis dan unik.

Terdapat satu fitur yang menarik, yaitu widget sosial media count. Widget ini menampilkan jumlah pengikut akun sosial media seperti twitter, facbook, youtube dan lainya.

14. 10 Magz

10 magz template

Masih membahasa template blog gratisan bertema magazine, template blogspot ini memiliki desain serta layout yang rapi. Dilihat dari fiturnya tema 10 Mag sangat cocok digunakan untuk blog berita campuran.

Fitur unggulan pada 10 Magz adalah adanya fitur Headline yang sangat menarik perhatian pengunjung, ketika halaman selesai dimuat akan muncul headline di bawah menu navigasi.

10 Magz memilki 4 versi berbeda, ada versi gratis dan berbayar. Untuk mendapatkan versi gratis langsung saja download melalui link di atas.

15. Syahira Magazine

syahira magazine tema blog

Syahira Magazine tema blog gratis tapi rasa premium. Tema Syahira menampilkan banyak layout di halaman utamanya, diantaranya adalah post slider, hot post, latest post dan beberapa layout kategori artikel dan video terpisah.

Sama seperti 10 Mag yang memiliki fitur headline, syahira juga memiliki fitur Breaking News di bawah navigasi. Ditambah lagi widget sosial media count yang cukup memikat pengunjung untuk mengikuti akun sosial medianya.

Walaupun banyak layout yang ditampilkan, Syahira Mag masih responsif disemua perangkat dan tetap ringan dimuat.

16. Flat News

template flat news

Tema magazine dengan dominan warna berwarna merah berani. Direkomendasikan untuk blog kabar berita panas. Flat News sudah dirancang 100% responsif disemua perangkat dan browser.

Fitur unggulan pada tema ini diantaranya komentar dengan emotikon, ulasan postingan, panel admin yang sangat ramah, izinkan pengunjung menambah dan mengurangi ukuran teks.

17. Tech Life

template tech life

Tema magazine atau news terakhir ada Tech Life, template Tech Life dibuat khusus untuk blog berisi konten teknologi terbaru, tema ini dikembangkan oleh Blogger Theme9.

Seperti pada template news umumnya yang memiliki fitur headline, tema ini juga memiliki headline dengan fitur post slider di bagian atas daftar postingan.

18. Lunar

lunar template blogspot

Selanjutnya ada template Lunar dengan desain keren dan minimalis. Desain beranda dibuat sangat bersih, hanya menampilkan judul artikel dan penulis blog sehingga terlihat lebih rapi.

Template blog keren gratis ini memiliki tampilan berbeda pada bagian atas dan bawah nya, terdapat hiasan layout dilengkap animasi gelembung.Warna yang dipilih juga sangat fresh, membuat siapa saja yang melihat menjadi bersemangat.

Fitur keren seperti Night Mode juga tersedia, cocok banget untuk blog personal yang berisi carita pengalaman hidup. Tema lunar gratis didownload tanpa syarat dan tidak ada versi premium pada template ini.

19. Course

course template blogspot

Template Course dibuat untuk blog bisnis individu atau lebih tepatnya untuk blog landing page, karna tampilan utamanya memberikan informasi seputar owner, jasa atau layanan, hasil pekerjaan yang sudah diselesaikan, daftar klien atau testimoni dan list partner bisnis.

Template Course tersedia versi gratis namun desain berbeda dengan yang di atas, untuk mendapatkan versi premium dengan tampilan seperti di atas silahkan beli templatenya di idntheme.com.

Harga yang ditawarkan sekitar $5.25, pembayaran bisa melalui PayPal dan OVO.

20. Monal

template blogger monal

Satu lagi template blogspot yang dibuat untuk blog personal seperti fotografer,, wisatawan dan freelancer pada umumnya. Desain dibuat minimalis, bersih dan fleksibel dengan sentuhan tipografi yang keren.

Template Monal sudah dibuat 100% responsif di semua perangkat dan mendukung semua browser, dari segi SEO juga sudah dioptimalkan. Tema Monal dibagikan secara gratis, belum ada versi berbayarnya.

21. Sahabat AMP

template blogger sahabat amp

Template blogger gratis responsive dengan teknologi AMP, yupp template yang satu ini berbeda dengan 20 template blogger gratis di atas. Sesuai namanya tema blog ini sudah mendukung AMP (Accelerated Mobile Pages).

Dengan AMP akses blog bisa lebih cepat, terutama saat diakses melalui perangkat mobile atau smartphone, hanya membutuhkan waktu kurang 3-4 detik saja untuk membuka halaman blog tersebut.

Namun penggunaan template AMP sedikit berbeda, lumayan rumit cara pengunnaanya karna ada beberapa kode khusus yang perlu diintegrasikan dengan konten gambar, text dan lainya.

Dari segi tampilan sangat terlihat minimalis dan bersih, tidak terlalu banyak fitur widget yang ditampilkan sehingga pengunjung akan lebih nyaman ketika membaca artikel.

Template AMP ini sepenuhnya gratis untuk digunakan, dan tidak ada versi premium sampai saat ini.

Akhir Kata

Itulah koleksi template blogger responsive terbaik yang bisa download secara gratis. Gunakan template responsif agar mempermudah visitor menjelajah konten blog dan gunakan template seo friendly agar mesin pencari menyukai blog kamu.

Terimakasih kepada arlina dan idntheme.com sudah menyediakan banyak template blogger gratis dengan desain keren dan kekinian.

Share ke teman-teman blogger kamu agar tau ada tema blog responsive dan seo friendly gratis seperti di atas, semoga berkenan.

7 komentar untuk "20+ Template Blogger Responsive SEO Friendly Gratis"

  1. Kalau template kakak ini apa ya? Bagys soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake template premium LinkMagz kak. Maksih sudah berkunjung.

      Hapus
  2. Untuk Daftara isi itu script tambahan atau default tamplates linkmagz?

    BalasHapus
    Balasan
    1. template LinkMagz ada fitur daftar isi otomatis gan, cukup masukin 1 baris kode aja buat munculin daftar isi nya.

      Tapi daftar isi di atas saya buat manual.

      Hapus
  3. tema temanya bagus untuk website pulsa kunjungi website saya juga yang ingin bisnis pulsa di www.cv-jelitareload.web.id

    BalasHapus
  4. template hack ini mah, kok jd ada iklan di template blogku

    BalasHapus
  5. Untuk template Minifast.
    Thumbnailnya gak muncul setiap update post baru.

    BalasHapus