Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengganti Template Blogger Tampilan Baru 2023

cara mengganti template blogger

Mengganti template blog sebenarnya sangat mudah dilakukan, namun pasti ada saja orang baru yang mulai belajar ngeblog menggunakan blogger dan belum mengerti sama sekali fungsi menu-menu yang ada di dashbord blogger.

Sama seperti saya dulu awal belajar belum bisa ganti template blogspot sama sekali. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengganti template blog dengan tampilan dashbord blogger terbaru.

Apa Itu Template Blogger?

Template blogger merupakan sebuah desain atau tema blog yang sudah jadi. Template ini dibuat menggunakan bahasa pemorgraman HTML, JavaScript, CSS, PHP dan beberapa bahasa pemrograman web lainnya. Semua kode tersebut saling terhubung dengan kode laiinya sehingga menjadi sebuah template yang disimpan dalam format .xml.

Misalnya saya mempunyai template blogger premium bernama VioMagz, nah tulisan lengkapnya adalah VioMagz.xml. Biasanya para pembuat atau penjual template akan membungkus file template.xml dengan format zip atau rar yang dilengkapi dengan panduan cara menggunakannya.

Tips Memilih Template Blogger Terbaik

Sebelum ganti template pastikan template blogger yang kamu pilih bagus, bagus disini bukan cuman dari tampilan saja tapi perlu tau cara memilih template blog yang baik dari segi kecepatan, responsife, ramah mesin pencari, pengaturan template yang mudah diedit dan mendapatkan pembaharuan dari developer.

Dan juga memiliki fitur dasar yang dibutuhkan pengunjung dan disukai robot Google. Apa saja fiturnya? berikut adalah daftar fiturnya:

  • SEO Ready
  • Ads Ready
  • Loading Cepat
  • Responsif
  • Mobile Friendly
  • Breadcrumbs
  • Artikel terkait
  • Formulir pencarian
  • Navigasi halaman bernomor
  • Menggunakan schema markup
  • Tombol berbagi media sosial
  • Tombol Back to Top
  • Komentar Facebook, opsional
  • TOC (table of content), opsional

Semua fitur template blog di atas sudah tersedia di template blogger dari mas sugeng, kalau mau download langsung aja klik link artikel berikut, Template Mas Sugeng gratis.

Ingat file template yang di-download harus menggunakan xml, karna blogger hanya menerina file template blog berformat xml.

Kalau sudah punya pilihan template blogspot yang bagus dan sesuai kebutuhan kamu, sekarang mari kita lihat cara menggunakan template blog yang sudah di download.

Cara Mengganti Template Blogger

Jika ingin membuat tampilan blog maka kita harus memilih menu Tema atau Theme.

Cara merubah template blogger ada 2 metode, yaitu mengganti template blog dari hasil download (upload template) dan menyalin kode template. Kedua cara tersebut memiliki sedikit perbedaan tapi sangat penting.

Ganti template blogger responsive dengan menggunakan metode upload tidak akan menghilangkan widget-widget sebelumnya yang sudah terpasang di blog, sedangkan metode menyalin kode template akan merubah semua tampilan dan widget sebelumnya.

Keduanya mudah dilakukan, tetapi lebih aman menggunakan motode upload.

Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan ketika ganti template blog, sebaiknya kamu backup terlebih dahulu template blog sebelumnya.

Cara Backup Template Blog

  1. Buka blogger.com.
  2. Masuk ke menu Tema.
  3. Klik tombol ▼ samping tulisan SESUAIKAN.
  4. Kemudian pilih Cadangkan.
  5. Silahkan download file tema untuk membackup template blog.

Nah setelah di backup, selanjutnya kita masuk ke langkah cara mengganti template blog hasil download, langsung saja simak penejelasan dan langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Cara Mengganti Template Blog Hasil Download

1. Pertama buka dashbord blogger.com, kemudian disebelah kiri pilih menu Tema.

menu tema blogger

2. Masih di menu Tema, klik tombol panah ke bawah lalu pilih menu Pulihkan.

Pada menu ini juga ada opsi Cadangkan yang fungsinya untuk mencadangkan template blog. Saya merekomendasikan untuk mencadangkan template terlebih dahulu sebelum upload tema blogspot yang baru
cara upload template blogger

3. Akan ada popup untuk mengupload template blogger xml, klik UPLOAD.

upload template blog

4. Selanjutnya cari file template blogger berformat .xml. Jika sudah dipilih langsung saja klik tombol Open untuk mulai meng-upload.

upload template blogger xml

Selesai, secara otomatis template blogspot kamu sudah berubah ke template yang baru. Silahkan langsung kunjungi blog kamu untuk membuktikannya.

2. Cara Ganti Template Blogger dengan Edit HTML

Selain menggunakan metode upload, kamu juga bisa memasang template blogger dengan cara manual yaitu menyalin semua kode template blog. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masih di menu Tema, klik tombol panah ke bawah lalu pilih menu Edit HTML.

edit html blogger

2. Sambil menunggu halaman Edit HTML dimuat, sekarang buka file template blogger xml menggunakan aplikasi editor seperti Notepad++. Jika sudah dibuka, blok semua kode dan copy semua kode template tersebut.

copy template blogger brosense

3. Balik lagi ke halaman edit template blogger. Blok semua kode template blog lama kemudian hapus atau langsung timpa dengan kode template blog yang baru.

paste template blogger brosense

4. Jika semua kode sudah dipaste dengan benar dan tidak ada error, silahkan klik tombol Simpan yang ada di sudut kanan atas.

simpan template blog

Selesai, semua pengaturan widget sebelumnya hilang dan tampilan blog kamu berubah.

Cara Mengganti Template Blog di Android

Mengganti template blog lewat hp atauapun laptop sebenarnya sama saja, justru kalau dari hp lebih susah ngaturnya.

Tapi kalau kamu blogger yang baru bermodalkan hp saja tidak apa-apa. Disini saya juga akan membuatkan tutorialnya, caranya tidak beda jauh dengan cara yang sudah saya jelaskan di atas.

Berikut adalah cara mengganti template blog di hp Android:

1. Buka browser dan login ke akun blogger.com.

2. Setelah login dan berada di Dashboard blogger, buka menu sidebar lalu pilih Tema.

pilih menu tema di blogger

3. Tap pada ikon panah kecil hingga muncul sub menu. Pilih opsi Pulihkan untuk mengupload template blog xml.

pulihkan tema blog

4. Selanjutnya pilih UPLOAD, sialhkan upload template blogspot yang sudah kamu download sebelumnya. Pastikan template blog yang di-upload menggunakan format xml.

upload template blog di hp android

5. Setelah berhasil upload otomatis tampilan blog berubah, coba kamu cek sekarang juga.

Cara Mengedit Template Blogger

Selain mengganti tema blogspot, kamu juga bisa edit template blogger sesuai kebutuhan blog, jadi gak melulu ganti template baru karna bosen dengan tampilan dan fiturnya ya.

Perlu diketahui juga bahwa terlalu sering mengganti template blog gratis tidak baik untuk peringkat blog di mesin pencari. Kenapa? Karna robot google akan berkenalan ulang dengan struktur kode blog kamu, jadi lebih baik tambah fitur atau edit dikit-dikit aja deh biar fresh lagi tampilan blognya.

#1. Edit Template Blog Lewat Edit HTML

Cara edit template blogger lewat Edit HTML akan sangat mudah bagi orang yang sudah mengerti dengan bahasa dasar HTML, CSS, JavaScript dan Bootstrap.

Kalau belum paham tapi mau belajar bahasa atau kode-kode web dasar, kamu bisa belajar di https://www.w3schools.com/.

Nah bagi yang sudah mengerti bisa langsung edit di halam Edit HTML. Caranya masih seperti yang di atas, masuk menu Tema kemudian klik tombol panah ke bawah dan pilih menu Edit HTML.

edit template blogger

Dihalaman Edit HTML bisa merubah tampilan blog sesuka dan sebisa kamu tanpa adanya batasan.

Selain tampilan blog, kamu juga bisa merubah tittle tag, meta keywords, meta robots, breadcrumbs atau lainya yang bertujuan agar blog lebih SEO Friendly di mesin pencari google, bing, yahoo dan lainya.

#2. Edit Blog Lewat Desainer

Edit template blogspot menggunakan desainer template adalah cara yang paling mudah dan mengasikan. Tampilan nya seperti halaman penyunting tema pada Wordpress.

Di halaman desainer kamu bisa mengganti template blog sesuai keinginan sekaligus melihat pratinjau secara langsung. Jadi tidak perlu ribet melihat pratinjau blog di tab baru, lebih efisien ya.

Akan tetapi, tidak semua template blogspot mendukung fitur ini, ini semua tergantung web developer yang membuatnya, kalau template buatan mas sugeng yang versi premium pasti mendukung fitur desainer.

Adapun cara untuk masuk ke halaman desainer blogger adalah sebagai berikut:

  1. Buka blogger.com.
  2. Kemudian pilih menu Tema.
  3. Dihalaman sebalah kanan klik tombol Sesuaikan.
Sebagai contoh saya tampilkan gambar halaman desainer blogspot yang menggunakan tema Brosense V2, perhatikan gambar di bawah ini.
desainer template blogger

Akhir Kata

Itulah cara mengganti template blogger pada tampilan dasbord blogger baru. Kalian bisa mengganti template blogspot dengan template sendiri, edit blog blogspot kamu menjadi menarik dan keren.

Sangat mudah bukan hehee, nanti juga terbiasa dengan menu-menu dan tampilan blogger.

Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan template premium agar blog kamu aman, selalu mendapatkan dukungan dari developer dan pastinya akan menambah semangat kamu dalam membuat konten.

Jika kamu mengalami kesusahan saat megganti tema blog, silahkan berkomentar apa masalahnya, saya akan coba bantu sebisa mungkin.

Cukup sekian konten kali ini, semoga membantu.

23 komentar untuk "Cara Mengganti Template Blogger Tampilan Baru 2023"

  1. ini mah tampilan classic, gimana tampilan blogger yg baru beda, judulnya ga sesuai kontennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lohh ini tampilan baru, coba cek lagi gambar nya dimana yang beda

      Hapus
  2. Kalau selalu error' itu bgmn cara memperbaikinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Error nya kaya gimana mas? Template blog nya kali ada yg salah

      Hapus
    2. kasus errornya, blog sudah diganti template (dengan copas) dan tidak lupa DISIMPAN. ternyata setelah di video blognya gak berubah ke tampilan baru. oh iya ini gak ada error.

      kaya saya beru alamin ke gini
      gi mana ya kak

      Hapus
    3. script template udah bener ga pake yang baru, barangkali copas script template yang sama.

      coba ulangi aja tutup browser terus ganti template yang berbeda.

      Hapus
  3. ini baru namanya cara mengajar yg baik dan benar...singkat tapi jelas kemana arahnya.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di pengaturan gambarnya pake yang Ekstra Besar kak.

      Caranya:
      Klik gambar, pilih pengaturan, ukuran gambar pilih ekstra besar.

      Kalau gak berhasil bisa minta bantuan ke mas sugeng.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. gan kalo file html yang banyak gak bisa ya?, apa ada web buat download templatenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. file html yang banyak gimana maksudnya gan?

      Coba lihat2 artikel kategori Template Blogger diblog ini, saya udah buat beberapa artikel mengenai template blogger gratis dan premium beserta info web buat download template blogspot.

      Hapus
    2. Terima kasih kak, ilmunya sangat bermanfaat

      Hapus
    3. Sama-sama kak, terimakasih juga sudah berkunjung ke blog saya.

      Hapus
  6. Makasih banyak tutorialnya, langsung praktek deh..☺️🙏🏻

    BalasHapus
  7. Apa ada plugins wa untuk pemesanan produk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di blogger gak pake plugin kak, bikin tombol atau link pemesanan via whatsapp aja, artikelnya sudah saya buat dengan judul "cara membuat link whatsapp".

      Hapus